Cuma Segini, Ternyata Ini Penyebab IQ Orang Indonesia Rendah

Cuma Segini, Ternyata Ini Penyebab IQ Orang Indonesia Rendah

Ternyata Ini Penyebab IQ Orang Indonesia Rendah-Unsplash/Gaspar Uhas-

BACA JUGA:12 Link Tes di Internet Lengkap Terbaru 2023 dari Tes IQ hingga Tes Julid

Pasca mengalami kerusakan atau gangguan perkembangan otak akibat malnutrisi, seseorang dapat mengalami kesulitan mengingat, penurunan kemampuan intelektual, atau ketidakmampuan belajar membaca, menulis, atau matematika.

Malnutrisi yang terjadi pada tahap perkembangan otak spesifik juga menunjukkan efek yang berbeda. Jika terjadi pada tahap perkembangan cortex prefrontal dorsolateral, individu tersebut akan sulit fokus dan mengingat.

Pada tahap perkembangan parietal kanan, malnutrisi dapat menyebabkan penurunan fungsi visuospasial. Gangguan perkembangan korteks temporal bilateral dapat menyebabkan penurunan kemampuan pemahaman, pembelajaran verbal, dan memori untuk materi verbal dan visual.

Selain nutrisi, sistem pendidikan juga memainkan peran penting dalam perkembangan IQ yang tinggi dalam jangka panjang. IQ seseorang dapat meningkat jika dilatih dengan baik di sekolah. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan bersekolah saja, IQ seseorang dapat meningkat sebesar 1 hingga 5 angka per tahun ajaran.

Sistem pendidikan yang berfokus pada metode seperti Problem Based Learning atau melibatkan pelatihan problem solving adalah salah satu yang dapat meningkatkan skor IQ siswa.

Meskipun saat ini telah terjadi pergeseran paradigma, masih disayangkan bahwa sebagian besar sistem pendidikan di Indonesia masih mengutamakan hafalan monoton tanpa konteks masalah nyata.

Hal ini menyebabkan keterampilan berpikir dan menyelesaikan masalah siswa kurang, yang pada akhirnya menghambat peningkatan nilai IQ secara maksimal.

Pertanyaannya adalah, apakah program makan siang gratis ini tepat sasaran untuk mendukung perkembangan kecerdasan anak-anak, ataukah lebih penting untuk meningkatkan dan mereformasi sistem pendidikan?

Sumber: