10 Tanda Orang Manipulatif yang Berbahaya bagi Hidup Anda

10 Tanda Orang Manipulatif yang Berbahaya bagi Hidup Anda

Tanda Orang Manipulatif-Unsplash/Afif-

Perlu diingat bahwa kamu harus selalu berhati-hati jika ada orang yang mendesakmu untuk memberikan jawaban kepada mereka dengan cepat, terutama jika itu melibatkan uang.

BACA JUGA:Kenali Penyebab dan Cara Menghadapi Anak ADHD

Trik yang satu ini sangat sering digunakan oleh sosial media untuk bernegosiasi dan menutup penjualan dengan membuatmu merasa tertekan. Manipulator berharap agar pertahananmu menjadi retak dan pada akhirnya kamu mau menuruti keinginan mereka.

4. Mereka Membuat Lelucon Tentang Dirimu

Taktik menyebalkan lainnya yang sering digunakan oleh para manipulator untuk mengendalikanmu adalah dengan membuat lelucon tentang dirimu, terutama di depan banyak orang.

Mereka mungkin berusaha untuk mempermalukanmu di depan umum dengan cara menghina fisik, gaya berpakaian, atau gaya berbicaramu.

Ketika kamu marah dan bertanya kepada manipulator tentang apa masalah mereka, mereka akan mencoba membela perilaku mereka dengan mengatakan bahwa mereka hanya bercanda saja. Bahkan yang lebih buruk lagi, mereka bisa saja mengatakan bahwa kamu terlalu baperan atau kelewat sensitif.

5. Mereka Membuatmu Merasa Bersalah

Orang-orang yang manipulatif akan melakukan apapun untuk membuatmu merasa bingung dan lemah. Mereka sering mengucapkan kata-kata maaf yang tidak perlu dan mengakui kesalahan yang palsu untuk mengacaukan pikiran serta emosimu.

Manipulator mengalami kesulitan dalam bertanggung jawab atas perbuatan mereka, dan ketika kamu menegur kesalahan mereka, mereka akan mencari cara untuk memutarbalikannya dan membuatmu merasa bersalah.

6. Mereka Bersikap Agresif

Berteriak adalah salah satu taktik agresif yang digunakan manipulator untuk mengintimidasi dan memanipulasi. Daripada meningkatkan kualitas argumen mereka, individu-individu yang manipulatif akan meninggikan suara mereka dan mulai membentak serta meneriakimu untuk mendominasi percakapan dan membuatmu terintimidasi.

BACA JUGA:3 Penyebab Orang Menjadi Playing Victim Saat Berbuat Salah

Perlu diingat bahwa jika seseorang mulai berbicara dengan suara yang keras atau berteriak kepadamu, yang harus kamu lakukan adalah tetap tenang dan menegur kesalahan mereka dengan pendekatan yang tidak agresif. Cara ini sangat efektif dalam mempermalukan manipulator dan membuat mereka menjadi sadar diri.

7. Mereka Bermain-Main dengan Perasaanmu

Beberapa orang sangat ahli dalam memanipulasi emosi dan mereka tidak akan ragu-ragu untuk bermain-main dengan perasaanmu demi mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Tidak peduli apakah mereka memberitahumu bahwa mereka mencintaimu, mengatakan kepadamu bahwa mereka membencimu, atau mencoba membuatmu marah atau cemburu, tujuan utama mereka adalah mendapatkan apa yang mereka inginkan dari dirimu.

Pesan iklan dan media-media sangat pandai dalam melakukan manipulasi emosi. Mereka tahu bahwa jika mereka dapat membuatmu merasakan sesuatu, maka mereka bisa membuatmu melakukan sesuatu.

Jadi, daripada membuang-buang waktu untuk mencoba meyakinkanmu secara logis, memasang iklan dan media-media memanipulasi perasaanmu. Mereka menciptakan narasi seputar produk mereka yang dapat kamu pahami dengan cepat dan mudah pada tingkat emosi yang sederhana.

Sumber: