10 Tanda Orang Manipulatif yang Berbahaya bagi Hidup Anda

10 Tanda Orang Manipulatif yang Berbahaya bagi Hidup Anda

Tanda Orang Manipulatif-Unsplash/Afif-

RADAR JABAR - Kami akan memberikan 10 tanda jika kamu sedang dimanipulasi. Pada umumnya, orang-orang menggunakan kekuasaan media dan hubungan interpersonal untuk memanipulasi sesamanya tanpa kita sadari dalam kehidupan kita.

Kita cukup sering bertemu dengan orang-orang yang manipulatif setiap hari. Perlu diketahui bahwa manipulasi adalah suatu bentuk pemerasan emosional. Ada trik-trik tertentu yang digunakan oleh manipulator untuk mempengaruhi pikiran dan tindakan orang lain.

Akibatnya, mereka yang dipengaruhi akan melakukan hal-hal yang diinginkan manipulator tanpa menyadari bahwa mereka sedang dikendalikan.

Pada dasarnya, kebanyakan taktik manipulasi yang ada di luar sana selalu berhasil, tetapi itu hanya akan mampu mempengaruhimu jika kamu tidak mengetahui bagaimana trik-trik tersebut digunakan padamu.

10 Tanda Orang Manipulatif

Kami akan membahas berbagai taktik manipulasi yang sering digunakan oleh orang-orang yang manipulatif sehingga kamu dapat mengenalinya. Ini adalah tanda-tanda jika kamu sedang dimanipulasi.

1. Mereka Memikat Hatimu Dengan Pesona

Manipulator biasanya memulai langkahnya dengan bersikap ramah dan bersahabat. Mereka selalu mencari topik pembicaraan yang menarik dan akan sangat antusias ketika mereka berbicara denganmu.

BACA JUGA:5 Tanda Seseorang Telah Berubah Setelah Melewati Titik Terendah

Mereka menunjukkan bahwa mereka memiliki selera yang bagus terhadap hal-hal seperti musik atau gaya berpakaian. Begitu mereka selesai meyakinkanmu tentang betapa hebatnya diri mereka, mereka akan mulai memanipulasi kamu dengan daya tarik mereka.

Mereka menggunakan rasa kagumu terhadap mereka dengan cara yang sangat halus sampai di titik dimana kamu akan kesulitan untuk menyadari bahwa kamu sedang dikendalikan. Jika kamu pernah merasa ragu, mereka akan selalu menemukan cara untuk mengingatkanmu tentang betapa luar biasanya diri mereka.

2. Mereka Memuji Kamu Secara Berlebihan

Beberapa individu sangat pandai dalam melontarkan kata-kata manis dan mereka akan mencoba untuk membujuk, mempengaruhi, dan memanipulasi kamu dengan terus-menerus memberikanmu pujian untuk memenangkan hatimu.

Semua yang mereka katakan terdengar bagaikan musik yang indah di telingamu dan daripada mengatakan yang sebenarnya, mereka hanya mengatakan apa yang ingin kamu dengar.

Trik yang satu ini seringkali berhasil digunakan pada orang-orang karena kita semua pasti suka dipuji dan diberitahu tentang hal-hal baik yang berkaitan dengan diri kita sendiri. Perlu diketahui bahwa pujian adalah salah satu cara tercepat untuk membangun hubungan yang dekat, mencari teman baru, dan mendapatkan kepercayaan seseorang.

Mereka yang bermulut manis tahu bahwa ketika mereka membuatmu merasa baik tentang dirimu sendiri, kamu cenderung ingin membalas budi dengan melakukan sesuatu yang juga dapat membuat mereka merasa baik. Ingatlah bahwa semakin kamu menyukai seseorang, maka semakin mudah bagi mereka untuk memanipulasi kamu.

3. Tidak Memberikan Banyak Waktu

Mereka tidak memberikanmu banyak waktu untuk mengambil keputusan, terkecuali ketika kamu sedang dirampok oleh penjahat atau berada di dalam situasi darurat lainnya. Pada umumnya, kamu harus memiliki waktu yang cukup untuk memikirkan hal-hal secara mendalam sebelum membuat keputusan.

Sumber: