10 Tanda Orang Manipulatif yang Berbahaya bagi Hidup Anda

10 Tanda Orang Manipulatif yang Berbahaya bagi Hidup Anda

Tanda Orang Manipulatif-Unsplash/Afif-

Beberapa dari mereka bahkan membuat cerita palsu tentang manfaat produk mereka untuk menyesatkan dan memanipulasi orang-orang yang melihatnya. Memang hal itu mungkin tidak etis dan tidak bermoral, tetapi trik tersebut bekerja dengan sangat efektif.

BACA JUGA:5 Ciri-Ciri Orang Playing Victim Paling Parah yang Wajib Kamu Jauhi

Perlu diingat bahwa kamu tidak boleh membiarkan siapapun mempermainkan perasaanmu dan mengendalikanmu untuk melakukan sesuatu yang seharusnya tidak kamu lakukan. Keputusan yang kamu ambil harus selalu didasarkan pada intuisi dan logikamu, bukan dari tipu daya orang lain.

8. Mereka Menggunakan Sarkasme untuk Merendahkanmu

Berbicara terus terang adalah salah satu hal yang paling dibenci oleh seorang manipulator. Mereka selalu menggunakan sarkasme untuk menghina atau meremehkanmu. Individu-individu yang manipulatif ingin agar orang lain merasa insecure dan rendah diri.

Mereka dengan sengaja membuatmu merasa bahwa selalu ada yang salah dengan dirimu dan mengatakan bahwa tidak peduli seberapa keras kamu berusaha, kamu tidak akan pernah mampu untuk mencapai sesuatu.

Mereka hanya berfokus pada hal-hal negatif di setiap situasi dan tidak pernah membantu mencari solusi dari sebuah masalah. Ketika seseorang benar-benar tulus ingin membantu sesamanya, maka mereka akan jujur, berterus terang, dan tidak merendahkan orang lain.

9. Mereka Mengabaikanmu Atau Bersikap Jual Mahal

Sama halnya seperti ketika seseorang memberikanmu perlakuan diam atau silent treatment, di mana mereka dengan sengaja mengabaikanmu. Berhati-hatilah dengan siapapun yang melakukan hal-hal berikut ini kepadamu:

  • Mereka yang berbicara dengan semua orang yang ada di ruangan tetapi mengabaikanmu seorang diri.
  • Mereka yang berpura-pura bosan, tidak tertarik, dan tidak nyaman ketika kamu berbicara dengan mereka.
  • Mereka yang tidak merespon komentar, pertanyaan, panggilan telepon, atau pesan teks dari dirimu, dan selalu mengatakan kalau mereka sedang sibuk disaat kamu memerlukan mereka.
  • Mereka yang beranjak pergi disaat kamu datang, dan dengan sengaja menghindari kontak mata denganmu setiap kali kamu berbicara dengan mereka.

BACA JUGA:5 Tanda Teman Tidak Akan Mengembalikan Uang yang Dipinjam

Pada dasarnya, orang-orang seperti itu menolak untuk mengakui keberadaanmu. Ingatlah bahwa jika ada orang yang mengabaikanmu, maka abaikanlah mereka juga.

10. Mereka Selalu Menyalahkanmu

Ketika seorang manipulator ulung melakukan sebuah kesalahan, mereka akan memberdayamu dan membuatmu percaya kalau kamu lah yang bersalah. Pokoknya, tidak peduli apapun yang mereka perbuat, orang lain lah yang selalu bersalah.

Misalnya, jika kamu memarahi mereka karena mereka telah mengatakan sesuatu yang membuatmu malu, mereka akan menyalahkanmu karena kamu terlalu baperan. Tetapi ketika kamu melakukan hal yang sama kepada mereka, mereka akan marah kepadamu karena kamu tidak memikirkan perasaan mereka.

Bagaimanapun juga, mereka akan membuatmu merasa kalau kamu lah yang salah dan hal ini menyebabkanmu untuk terus meminta maaf kepada mereka, bahkan untuk kesalahan-kesalahan yang tidak kamu perbuat sekalipun.

Manipulator selalu ada di sekitar kita, dan mereka bisa menjadi siapa saja. Mereka bisa saja merupakan anggota keluarga, teman, pasangan, atasan, rekan kerja, atau orang asing. Satu-satunya hal yang membedakan mereka adalah pilihan taktik yang mereka gunakan.

Sekarang kamu sudah mengetahui trik-trik apa saja yang biasanya digunakan oleh orang-orang yang manipulatif. Dan lain kali ketika mereka mencoba untuk memanipulasimu, kamu pasti bisa mengenalinya. Kamu juga bisa memilih untuk mengabaikan mereka atau menegur perbuatan mereka.

Sumber: