7 Cara Memandikan Anjing yang Baik dan Benar

7 Cara Memandikan Anjing yang Baik dan Benar

Ilustrasi memandikan anjing--Freepik/pikisuperstar

RADAR JABAR - Seringkali bingung cara memandikan anjing yang benar, tanpa membuat anambulmu ketakutan? Nah disini, kami akan membahas mengenai caranya disini.

Memandikan anjing merupakan salah satu perawatan kepada anjing agar lebih bersih dan sehat. Selain memberikan anabumu menjadi lebih bersih dan penampilan yang baik, mandi secara teratur juga membantu mencegah infeksi kulit dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, tidak semua anjing menyukai mandi, bahkan ada beberapa anjing yang marah ketika mandi, ataupun ketakutan dengan air. Oleh karena itu, tentunya penting untuk mengetahui cara yang tepat untuk memandikan anjing agar prosesnya lancar dan aman bagi kesehatannya ataupun kamu ketika memandikan anabulmu.

Berikut ini adalah beberapa panduan lengkap tentang cara memandikan anjing dengan benar:

1. Menentukan Waktu yang Tepat untuk Memandikan Anjing

Kamu perlu memilih waktu yang tepat untuk memandikan anjing. Mandikan mereka setidaknya sekali seminggu atau lebih sering jika bulunya kotor atau berbau tidak sedap.

Pastikan untuk memilih waktu yang tenang dan santai, sehingga anjingmu tidak merasa stres selama mandi.

BACA JUGA:15 Jenis Anjing Populer yang Menyenangkan

2. Persiapan Sebelum Memandikan Anjing

Sebelum memandikan anjing, pastikan kamu memiliki semua perlengkapan yang diperlukan, termasuk sampo yang sesuai dengan jenis bulu anjing Anda. Sampo oatmeal merupakan salah satu pilihan yang baik untuk sebagian besar jenis bulu anjing.

Selain itu, pilihlah tempat yang nyaman untuk mandi, seperti bak mandi atau bak cuci yang dilapisi dengan handuk untuk mencegah anjingmu tergelincir.

3. Menggunakan Air Hangat dan Shampo yang Sesuai

Gunakan air hangat saat memandikan anjingmu. Pastikan airnya tidak terlalu panas, karena ini dapat membuat anjing merasa tidak nyaman.

Gunakan sampo yang dirancang khusus untuk anjing, sesuai dengan jenis bulu dan kebutuhan kesehatan anabulmu. Mulailah dengan menggosokkan sampo secara lembut ke seluruh tubuh anjing, hindari area mata dan telinga.

BACA JUGA:8 Tips Merawat Anjing Untuk Pemula yang Wajib Diketahui!

4. Memastikan Bilas dan Keringkan dengan Baik

Setelah menggunakan shampo, pastikan kamu membilas anjingmu dengan baik untuk menghilangkan semua residu sampo. Gunakan pengering rambut setelah mandi untuk membantu mengeringkan bulu anjing, terutama bagi anjing dengan bulu tebal.

Namun, selain itu pastikan pengering rambutnya diatur pada suhu rendah agar tidak membuat anjing panas atau terlalu stres.

5. Menambahkan Kondisioner Alami (Opsional)

Sumber: