Presiden Xi Izinkan Generasi Muda Taiwan Gapai Impian di Tiongkok

Presiden Xi Izinkan Generasi Muda Taiwan Gapai Impian di Tiongkok

Mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou bertemu dengan Presiden China Xi Jinping di Beijing pada Rabu (10/4)--ANTARA/HO-Xinhua

RADAR JABAR - Presiden Tiongkok Xi Jinping menegaskan bahwa generasi muda Taiwan dipersilakan untuk mengejar impian mereka di daratan Tiongkok, terutama karena kedua sisi Selat Taiwan dihuni oleh masyarakat yang sama-sama merupakan bagian dari bangsa Tiongkok.

Pernyataan tersebut diungkapkan saat Xi Jinping bertemu dengan mantan Presiden Taiwan Ma Ying-jeou di Beijing pada Rabu (10/4).

Xi Jinping menekankan bahwa generasi muda dari kedua belah pihak diharapkan untuk membangun dan mewujudkan impian mereka di daratan Tiongkok. Dia menambahkan bahwa pihaknya akan terus menciptakan kondisi yang lebih baik dan memberikan lebih banyak peluang bagi generasi muda dari kedua sisi Selat untuk tumbuh, berkembang, dan sukses.

BACA JUGA:Anggota Parlemen Tiongkok Diskusikan Peningkatan Hubungan Bilateral dengan Korea Utara

Dalam pernyataan tersebut, Xi Jinping juga menyoroti kehadiran perwakilan generasi muda Taiwan dalam pertemuan tersebut, namun tanpa menyebutkan secara spesifik siapa perwakilan yang dimaksud.

Dia diiringi oleh Ketua Komite Tetap Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok (CPPCC) Wang Huning dan Sekretaris Sekretariat Partai Komunis Tiongkok Cai Qi, keduanya juga anggota Politbiro Tiongkok.

Xi Jinping menegaskan bahwa masyarakat di kedua sisi Selat Taiwan adalah bagian dari bangsa Tiongkok, dan bahwa tidak ada yang dapat memisahkan mereka. Dia menyoroti bahwa jarak fisik yang terpisah tidak menghalangi hubungan darah antara kedua belah pihak.

BACA JUGA:7 Kondisi yang Disembunyikan Kubu Israel pada Dunia

Xi Jinping juga menegaskan bahwa campur tangan dari pihak luar tidak akan menghentikan reunifikasi nasional, dan bahwa seluruh warga Tiongkok di kedua sisi Selat Taiwan telah bersatu dalam kesolidan dan saling membantu sepanjang sejarah.

Presiden Xi Jinping mendorong generasi muda dari kedua sisi Selat untuk memiliki aspirasi tinggi dan percaya diri sebagai bagian dari bangsa Tiongkok.

BACA JUGA:Suasana Meriah Salat Idul Fitri di Masjid Indonesia Tokyo Dihadiri 5000 Jamaah

Dia menekankan empat hal penting bagi masyarakat di sisi Selat Taiwan, termasuk menjaga keutuhan tanah air, bekerja sama untuk kesejahteraan jangka panjang bangsa Tiongkok, merasakan kebersamaan yang kuat terhadap bangsa Tiongkok, dan berkomitmen pada kebangkitan bangsa Tiongkok.

Meskipun demikian, Ma Ying-jeou tidak banyak terlibat dalam kampanye Partai Kuomintang yang gagal merebut kembali kursi kepresidenan pada pemilu Januari lalu.

Sumber: antaranews