Butuh yang Segar-Segar Saat Lebaran? Asinan Buah Solusinya, Intip Cara Buatnya!

Butuh yang Segar-Segar Saat Lebaran? Asinan Buah Solusinya, Intip Cara Buatnya!

Butuh yang Segar-Segar Saat Lebaran Asinan Buah Solusinya, Intip Cara Buatnya!--Istimewa

RADAR JABAR - Momen menyantap menu khas lebaran adalah hal yang paling dinantikan, tetapi terkadang karena kebanyakan menu khas lebaran terdapat santan seringkali merasa butuh makanan yang segar-segar.

Asinan buah adalah salah satu solusinya. Asinan buah adalah hidangan segar yang memikat selera di musim panas. Dengan kombinasi buah-buahan segar yang direndam dalam bumbu manis asam, Asinan buah menjadi pilihan yang sempurna untuk menyegarkan hari yang panas. Yuk, kita simak resep dan langkah-langkahnya untuk membuat Asinan buah yang lezat di rumah!

 

Berikut adalah resep membuat asinan yang menyegarkan:

 

Bahan-bahan:

1. Buah-buahan Segar: Pilih buah-buahan segar sesuai selera, seperti mangga, nanas, jeruk, apel, anggur, dan pepaya. Pastikan untuk membersihkan dan memotong buah-buahan dengan ukuran yang seragam.

2. Bumbu Rendaman:

  • 200 ml air
  • 100 gram gula pasir
  • 100 ml cuka putih
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok teh bubuk cabe (opsional, untuk rasa pedas)

3. Bumbu Taburan (opsional):

  • Kacang tanah sangrai, dihaluskan
  • Bubuk cabe
  • Irisan daun seledri

 

BACA JUGA: Bingung Kulineran Apa di Jogja? Cobain Deh 6 Kuliner Khas Jogja Ini yang Viral di Instagram, Menggugah Selera!

 

Langkah-langkah:

1. Cuci bersih buah-buahan, kupas kulitnya jika perlu, dan potong menjadi potongan yang sesuai. Pastikan ukurannya seragam agar asinan terlihat menarik.

2. Letakkan potongan buah dalam wadah yang cukup besar. Campurkan air, gula pasir, cuka putih, garam, dan bubuk cabe (jika digunakan) dalam panci kecil. Panaskan campuran ini di atas api sedang, aduk hingga gula larut dan campuran mulai mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan biarkan bumbu ini mendingin.

3. Tuangkan bumbu rendaman yang telah didinginkan ke atas potongan buah-buahan. Pastikan semua buah terendam dalam bumbu tersebut. Tutup wadah dan diamkan dalam lemari es selama minimal 1 jam agar buah-buahan bisa meresap bumbu dengan baik.

4. Setelah buah-buahan meresap bumbu dengan baik, asinan buah siap disajikan. Tata buah-buahan dalam mangkuk atau piring saji. Taburkan bumbu taburan seperti kacang tanah sangrai yang dihaluskan, bubuk cabe, dan iris daun seledri di atasnya untuk memberikan sentuhan khas.

Sumber: