Sidang Isbat Akan Digelar Besok, Lebaran Idulfitri 2024 Diprediksi Serentak

Sidang Isbat Akan Digelar Besok, Lebaran Idulfitri 2024 Diprediksi Serentak

Ilustrasi Penentuan Hilal--Antara

RADAR JABAR- Sidang Isbat untuk menentukan 1 Syawal atau Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah direncanakan akan digelar besok, Selasa 9/4/2024. Hasilnya pun diprakirakan tak memberi perbedaan antara Pemerintah dan Muhamadiyah.

“Untuk Sidang Isbat tetap kami laksanakan pada tanggal 9 April 2024,” ujar Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat pada awak media yang dilansir dari Antaranews (8/4/2024).

Saiful memprediksi hari Raya Idulfitri akan jatuh pada tanggal10 April dimana tanggal ini sama dengan ormas Muhamadiyah.

“Insyaallah Hari Raya Idulfitri akan dirayakan secara bersama-sama bagi seluruh umat muslim di Indonesia. Tapi nanti kami konfirmasi lagi pada 9 Aprol untuk melakukan Sidang Isbat di Jakarta,” ucapnya.

Potensi kesamaan ini lantaran terpenuhinya syarat-syarat minimal hilal di kriteria MABIMS (Menteri-menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), yakni tinggi hilal minimal 4 derajat dan elongasi atau jarak sudut Bulan-Matahari minimal 6,4 derajat.

Berdasarkan informasi sebelumnya, Muhamadiyah yang menggunakan kriteria Wujudul Hilal buat memutuskan awal bulan hijriah, sebelumnya sudah mentapkan Idul Fitri 1445 Hijriah jatuh pada tanggal 10 April 2024.

“Insyaallah Muhammadiyah akan ber-Idul Fitri pada tanggal 10 April 2024 dan tampaknya Idulfitri ajan sama antara pemerintah dan Muhammadiyah,” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dikantornya di Yogyakartam Sabtu (6/4), melansir dari Antara.

Sumber: