Catat! Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Banten untuk Lebaran 2024

Catat! Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Banten untuk Lebaran 2024

Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Banten-Ist-

- Tunjukkan kode pemesanan beserta KTP asli kepada petugas kas keliling untuk verifikasi identitas dan melakukan penukaran uang baru.

BACA JUGA:Catat! Ini Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Yogyakarta untuk Lebaran 2024

- Pendaftaran penukaran uang baru melalui situs BI PINTAR tersedia setiap hari Kamis pukul 15.00 WIB.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Ameriza M Moesa, menyatakan bahwa dalam SERAMBI 2024, terdapat layanan penukaran uang serta program edukasi tentang mata uang rupiah melalui aplikasi PINTAR.

Selain itu, program edukasi CBP (Cerdas Belanja Pintar) dengan tema Ramadan juga diberikan kepada masyarakat dengan tujuan mendorong penggunaan rupiah secara bijak dalam kegiatan berbelanja.

BACA JUGA:Lokasi Penukaran Uang Baru di Jawa Timur untuk Lebaran 2024, Lengkap dengan Jadwalnya

"Kegiatan kas keliling untuk mendistribusikan ULE kepada masyarakat akan berlangsung dari tanggal 19 Maret hingga 5 April 2024. Layanan ini tersedia di 12 titik dengan kuota 6.000 orang, dan penukaran uang di loket bank tersedia di 199 titik," kata Moesa kepada wartawan, Kamis (19/3/2024).

Moesa menekankan bahwa Bank Indonesia terus berupaya meningkatkan mutu program SERAMBI setiap tahunnya.

Upaya ini mencakup peningkatan jumlah paket penukaran hingga batas maksimal Rp4 juta, modernisasi armada kas keliling, dan peningkatan fitur digitalisasi penukaran melalui QR code pada aplikasi PINTAR.

Tujuannya adalah untuk mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan tersebut dan menghindari kerumunan.

BACA JUGA:Jadwal dan Lokasi Penukaran Uang Baru di Cirebon untuk Lebaran 2024

Bank Indonesia juga telah mengembangkan aplikasi yang dapat diakses melalui laman PINTAR.GO.ID dalam era digitalisasi ini, sehingga masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi tentang kegiatan kas keliling dan bahkan melakukan pemesanan sebelumnya jika ingin melakukan penukaran.

"Pada aplikasi tersebut, masyarakat dapat memilih lokasi kas keliling yang tersedia, menginput data pribadi, serta mengisi informasi tentang jenis dan jumlah nominal penukaran," pungkasnya.

Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, mengajak masyarakat untuk melakukan penukaran uang di lembaga keuangan resmi yang telah ditunjuk oleh Bank Indonesia (BI), meskipun ada pihak-pihak yang secara individu maupun kelompok menawarkan layanan serupa.

Sumber: