Pemkot Depok Alokasikan Dana Sebesar Rp62,6 Miliar Untuk THR ASN

Pemkot Depok Alokasikan Dana Sebesar Rp62,6 Miliar Untuk THR ASN

Ilustrasi--Freepik

RADAR JABAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok, Jawa Barat, telah menyiapkan anggaran sebesar Rp62,2 miliar untuk Tunjangan Hari Raya (THR) bagi 7.086 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok.

"Pencairan THR ini berdasarkan terbitnya Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 15 tahun 2024 tentang Teknis Pemberian THR dan Gaji 13 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2024," ujar Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Depok, Wahid Suryono, di Depok, Selasa (26/3).

Wahid Suryono menjelaskan bahwa jumlah penerima THR terdiri dari 5.617 ASN dan 1.469 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

BACA JUGA:Pemkab Garut Maksimalkan Garut Packaging House Untuk Tingkatkan Daya Saing Produk UKM

Besaran THR yang diterima adalah 100 persen dari penghasilan satu bulan pada bulan Maret. Selain THR, ASN juga menerima Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP) sebesar 100 persen dari TPP bulan Maret.

Sedangkan bagi non-ASN atau Pelaksana Kegiatan Tidak Tetap (PKTT), mereka menerima satu bulan penghasilan sebagai THR dari masing-masing perangkat daerah.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan bahwa penyaluran THR telah mencapai Rp13,4 triliun per 24 Maret 2024.

BACA JUGA:Pemkab Purwakarta Pastikan Ketersediaan Daging Sehat Selama Periode Ramadhan hingga Lebaran

Penyaluran untuk ASN/pejabat/TNI/Polri melalui APBN mencapai Rp3,2 triliun, yang diberikan kepada 625.112 pegawai pada 4.722 satuan kerja. Total pagu THR untuk segmen ini pada APBN adalah Rp18 triliun.

Sementara itu, penyaluran THR untuk ASN/pejabat/TNI/Polri melalui APBD, Sri Mulyani menyatakan bahwa belum ada laporan realisasinya. Namun, nilai pagunya mencapai Rp19 triliun.

Diketahui bahwa penyaluran THR untuk pensiun dan penerima pensiun mencapai Rp10,2 triliun dari total pagu Rp11,7 triliun.

"Ini merupakan realisasi yang paling cepat," ujar Sri Mulyani.*

Sumber: antara