Pemkab Garut Maksimalkan Garut Packaging House Untuk Tingkatkan Daya Saing Produk UKM

Pemkab Garut Maksimalkan Garut Packaging House Untuk Tingkatkan Daya Saing Produk UKM

Pegawai membuat kemasan untuk produk UKM di Kabupaten Garut, Jawa Barat beberapa waktu lalu.-Diskominfo Garut-ANTARA

RADAR JABAR - Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, terus meningkatkan efektivitas Program Garut Packaging House sebagai tempat untuk menciptakan kemasan yang menarik bagi berbagai produk usaha kecil menengah (UKM) dengan tujuan meningkatkan daya saing, pertumbuhan, dan profitabilitas.

Menurut Ridzky Ridznurdin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Garut, Program Garut Packaging House merupakan fasilitas yang didirikan oleh Pemda Garut untuk membantu meningkatkan daya saing produk UKM, terutama dalam hal pemasaran dan kemasan.

"Packaging House itu adalah merupakan satu sarana tempat yang memang sengaja didirikan oleh Pemda Garut dalam rangka untuk membantunya peningkatan daya saing produk UKM, terutama dari aspek pemasaran, khususnya dari sisi kemasan," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkab Purwakarta Pastikan Ketersediaan Daging Sehat Selama Periode Ramadhan hingga Lebaran

Ia menjelaskan bahwa tempat ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Garut Kota, yang terbuka untuk semua pelaku usaha yang ingin meningkatkan daya tarik dan daya saing produk mereka di pasar.

Keberadaan layanan pengemasan ini didasarkan pada fakta bahwa banyak produk UKM mengalami kelemahan dalam pemasaran, terutama dalam hal kemasan, yang mengakibatkan kurangnya daya saing.

"Garut Packaging House yang dikelola oleh sebuah koperasi, di mana koperasi itu isinya adalah juga anak-anak muda, anak-anak yang mengerti tentang soal kemasan, mengerti soal tentang marketing, bahkan juga mengerti soal digital marketing," ujarnya.

Rumah Kemasan Garut, yang dikelola oleh sebuah koperasi dengan anggota termasuk para pemuda yang ahli dalam bidang kemasan dan pemasaran, telah disambut dengan antusiasme oleh lebih dari 100 pelaku UKM yang telah dibantu dalam menciptakan kemasan menarik untuk produk mereka.

BACA JUGA:Banjir Bandang Terjang Cipongkor Bandung Barat, Akibatkan 30 Rumah Terendam

Menurut Ridzky, layanan pengemasan ini tidak hanya menerima pesanan dari pelaku UKM di Garut, tetapi juga dari daerah lain seperti Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar.

"Bisa dimengerti, sebab Garut Packaging House ini memang untuk wilayah Priangan Timur baru di Garut, sehingga kami pun tidak menutup kemungkinan menerima pesanan atau layanan yang dibutuhkan oleh pelaku UKM di luar Kabupaten Garut, jadi sangat antusias," ujar Ridzky.

Dia menegaskan bahwa tidak ada batasan jumlah untuk layanan pembuatan kemasan produk UKM di Garut, bahkan mereka yang ingin membuat kemasan untuk kurang dari 50 atau 20 produk pun tetap akan dilayani dengan tujuan membantu pertumbuhan usaha mereka.

BACA JUGA:Gus Ahad Beri Selamat Setelah Estafetkan Kursi PKS DPRD Jabar kepada Budiwanto

Selain itu, Program Garut Packaging House juga menawarkan layanan konsultasi gratis tentang desain produk, edukasi mengenai pemasaran digital, konsultasi sertifikasi halal, dan nomor induk berusaha (NIB).

Sumber: antara