Tingginya Minat Masyarakat, PT KAI Commuter Persiapkan Layanan Angkutan Lebaran 2024 Untuk Pemudik Lokal

Tingginya Minat Masyarakat, PT KAI Commuter Persiapkan Layanan Angkutan Lebaran 2024 Untuk Pemudik Lokal

Tingginya Minat Masyarakat, PT KAI Commuter Persiapkan Layanan Angkutan Lebaran 2024 Untuk Pemudik Lokal--Antara

RADAR JABAR - PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter tengah mempersiapkan layanan angkutan Lebaran 2024 untuk pengguna commuter line antarkota. Setiap tahun, KAI Commuter melayani pemudik lokal di wilayah operasional Jabodetabek dan sekitarnya, Bandung Raya, Yogyakarta, Solo, serta Surabaya.

Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, menyatakan bahwa perusahaan telah melakukan persiapan yang matang untuk melayani pemudik lokal menggunakan transportasi commuter line. Dia menegaskan komitmen KAI Commuter dalam mendukung kelancaran dan keberhasilan angkutan Lebaran 2024 dengan bersinergi dengan para pemangku kepentingan.

"Tentunya, KAI Commuter telah melakukan persiapan-persiapan untuk pelayanan kepada pemudik lokal yang menggunakan transportasi commuter line," kata Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

 

BACA JUGA: BI Cirebon Membuka 134 Posko Penukaran Uang Pecahan Baru, Total yang Disiapkan Mencapai Rp3,9 Triliun

 

Anne juga mengungkapkan bahwa KAI Commuter terus mengembangkan sistem integrasi, baik dalam hal sistem pembayaran maupun akses integrasi di stasiun-stasiun commuter line dengan moda transportasi lain. Pengguna dapat memanfaatkan kartu multi trip (KMT) dan aplikasi Access by KAI di wilayah Bandung, Yogyakarta-Kutoarjo, dan Surabaya.

Selain itu, KAI Commuter akan meningkatkan layanan dengan menambah petugas layanan dan pengamanan, memperbaiki fasilitas stasiun, dan menambah perjalanan commuter line di Yogyakarta-Solo untuk melayani pemudik lokal, terutama yang menggunakan jasa secara musiman.

Demi keselamatan, KAI Commuter secara berkala memeriksa kelaikan operasi sarana kereta dan menyiagakan sarana cadangan serta sarana khusus untuk mengatasi kendala operasional selama masa angkutan Lebaran. Kerjasama dengan TNI-Polri juga ditingkatkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan pengguna.

Untuk menyemarakkan Hari Raya Idul Fitri, KAI Commuter akan mendekorasi 10 stasiun dengan tema Idul Fitri di berbagai wilayah operasionalnya. Renovasi dan penambahan fasilitas musala serta penyediaan air minum gratis di stasiun juga dilakukan untuk kenyamanan pengguna.

 

BACA JUGA: Disnakertrans Provinsi Jawa Barat Menegaskan: THR Harus Dibayarkan Kepada Karyawan Sebelum H-7 Lebaran

 

Selain fokus pada layanan, KAI Commuter juga terlibat dalam kegiatan sosial, seperti menyediakan takjil untuk berbuka puasa di pintu perlintasan dan memberikan santunan kepada yang berhak menerima di berbagai wilayah operasionalnya.

Sumber: antaranews.com