Kata Menteri PUPR Basuki Soal Wacana Program Bangun 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Kata Menteri PUPR Basuki Soal Wacana Program Bangun 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono-HO-Kementerian PUPR-ANTARA

Radar Jabar – Pasangan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mencanangkan program 3 juta rumah jika nanti memimpin pemerintahan. Wacana program pembangunan ini mendapat tanggapan dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

 

Menteri PUPR Basuki mengakui program itu bagus untuk mengatasi permsalahan backlog atau kekuarangan rumah yang saat ini hingga sebanyak 12,7 juta rumah. Meski begitu, dia menyebut belum ada pembicaraan spesifik perihal rencana tersebut sampai saat ini.

 

“Belum ada obrolan. Belum dibahas. Dulu program pak Jokowi 1 juta rumah, itu sudah kami capai lebih dari 1 juta rumah,” ungkapnya kepada awak media di Kantor Kementerian PUPR di Jakarta, Rabu 13 Maret 2024, dikutip dari Antara.

 

BACA JUGA:Agus Rahardjo Laporkan Dugaan Kecurangan Pemilu 2024 ke Bawaslu RI

 

“Kalau ada program 3 juta rumah saya kira bagus, tetapi itu belum dibahas,” lanjut dia.

 

Selain itu, Basuki menyorot potensi terjadinya dampak peningkatan anggaran yang cukup besar dari program pembangunan 3 juta rumah.

 

Biaya pembangunan 1 unit rumah subsidi untuk masyarakat dengan penghasilan rendah saat ini mencapai Rp114 juta, dan menyedot anggaran senilai Rp144 triliun.

 

BACA JUGA:Gibran Minta Seluruh Pihak Harap Menunggu Hasil Akhir KPU

 

Capres Prabowo Subianto sebelumnya sempat berjanji akan membangun 3 juta rumah di pedesaan dan pesisir jika memenangkan Pilpres 2024. Hal ini diungkapkannya ketika penyampaian visi, misi, dan program kerja pada debat Capres di JCC, Senayan, Jakarta, 4 Februari 2024 lalu.

 

“Kami juga akan membangun tiga juta rumah untuk mereka yang belum punya rumah,” ucap Ketum Partai Gerindra itu, dikutip dari Tempo.co.

 

Prabowo merinci, 3 juta rumah yang dibangun itu terdiri dari satu juta rumah di pedesaan, satu juta rumah di pesisir, serta satu juta rumah di perkotaan.

 

Janji pembangunan rumah tersebut termasuk dalam salah satu rencana besar yang diusung oleh Prabowo bersama sang cawapres Gibran Rakabuming Raka. Konsep rencana besar ini diberi nama “Strategi Transformasi Bangsa”.

 

Sumber: Antara dan Tempo.

Sumber: