Muhammadiyah Usulkan Ditiadakannya Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024 untuk Hemat Anggaran Negara

Muhammadiyah Usulkan Ditiadakannya Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024 untuk Hemat Anggaran Negara

Muhammadiyah Usulkan Ditiadakannya Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024 untuk Hemat Anggaran Negara-Muhammadiyah Usulkan Ditiadakannya Sidang Isbat -Instagram @abe_mukti

Pemerintah, sementara itu, akan menggelar sidang isbat pada Sabtu, 10 Maret 2024, di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat.

Awal Ramadan 1445 H diperkirakan akan mengalami perbedaan. PP Muhammadiyah telah menetapkan bahwa awal Ramadan akan bertepatan pada 11 Maret 2024, sedangkan pemerintah berencana menggelar sidang isbat awal Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024.

Dalam sidang isbat tersebut, keputusan akan diambil untuk menentukan apakah puasa Ramadan tahun ini akan dimulai pada tanggal 11 atau 12 Maret.

Mengingat potensi perbedaan tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengimbau umat Islam untuk tetap menjaga ukhuwah dan toleransi dalam menghadapi kemungkinan perbedaan awal puasa.

Yaqut juga telah mengeluarkan edaran mengenai penyelenggaraan ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1445 H.

 

BACA JUGA:Kumpulan Bacaan Doa Menjelang Ramadhan dari Ustaz Adi Hidayat

 

Yaqut menyampaikan, "Umat Islam diimbau agar tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menghadapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi," seperti yang tertulis dalam keterangan resmi pada Rabu (6/3) yang lalu.

"Umat Islam juga diingatkan untuk melaksanakan ibadah Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri sesuai dengan syariat Islam serta menghargai nilai-nilai toleransi," tambah Yaqut.

Edaran Menteri Agama tersebut ditujukan kepada kepala kantor wilayah Kementerian Agama provinsi, kepala kantor Kementerian Agama kabupaten/kota, dan kepala Kantor Urusan Agama kecamatan.

 

Sumber: