Amalan Wajib dan Sunah Menyambut Bulan Ramadhan 1445 H/2024 M

Amalan Wajib dan Sunah Menyambut Bulan Ramadhan 1445 H/2024 M

Amalan Wajib dan Sunah Menyambut Bulan Ramadan 1445 H/2024 M-Bulan Ramadan 1445 H-Freepik

RADAR JABAR - Umat Islam sedang bersiap menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah/2024 Masehi. Pada momen ini, terdapat beberapa amalan wajib dan sunah yang dianjurkan untuk dilakukan menjelang puasa Ramadan.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa Ramadan pada 11 Maret 2024, sementara pemerintah Indonesia akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Ramadan 1445 H pada 10 Maret 2024.

Ramadan, sebagai bulan kesembilan dalam kalender Hijriah, memiliki nilai istimewa bagi umat Islam. Kewajiban berpuasa diperintahkan dalam Islam setelah Rasulullah SAW hijrah ke Madinah pada tahun kedua Hijriyah. Allah SWT memerintahkan berpuasa dalam Alquran, sebagaimana tertulis:

"يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ" “Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al-Baqarah: 183)

Rasulullah SAW menjelaskan keistimewaan dan kemuliaan bulan Ramadan dalam hadisnya yang diriwayatkan oleh Imam Nasa’I. Beliau bersabda:

"أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ" “Telah datang kepadamu bulan Ramadan, bulan yang diberkahi, Allah telah mewajibkan padamu berpuasa di bulan itu. Dalam bulan itu dibukalah pintu-pintu langit, dan ditutuplah pintu-pintu neraka, dan syaitan-syaitan dibelenggu. Pada bulan itu terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan.” (Hadis riwayat Imam Nasa’I)

 

BACA JUGA:Kumpulan Bacaan Doa Menjelang Ramadhan dari Ustaz Adi Hidayat

 

Berikut beberapa amalan yang dapat dilakukan menjelang Ramadan:

 

1.    Berdoa

Dalam hadis diriwayatkan oleh Sayyidina ‘Ubadah bin al-Shamith, Rasulullah mengajarkan doa atau kalimat yang dibaca menjelang Ramadan datang. "Ya Allah, sampaikan aku (dengan selamat menuju bulan) Ramadan. Sampaikanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah [amal-amal]ku [di bulan] Ramadan.”

 

2.    Puasa Sunah

Rasulullah SAW mengerjakan puasa sunah menjelang Ramadan, seperti yang dijelaskan dalam hadis diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Beliau tidak hanya berpuasa di bulan Ramadan, tetapi juga sering berpuasa di bulan Sya’ban.

 

3.    Membayar Hutang Puasa

Sumber: