Inilah 5 Jenis Lemak yang Baik Untuk Kesehatan, Apa Aja Sih?

Inilah 5 Jenis Lemak yang Baik Untuk Kesehatan, Apa Aja Sih?

Inilah 5 Jenis Lemak yang Baik Untuk Kesehatan, Apa Aja Sih-(Ilustrasi)-Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Lemak merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan dan kinerja optimal.

Lemak adalah sumber energi yang penting. Setiap gram lemak menghasilkan lebih dari dua kali energi yang dihasilkan oleh protein atau karbohidrat. Ini penting terutama dalam situasi di mana tubuh memerlukan energi tambahan, seperti saat latihan fisik intens atau saat berpuasa.

Namun, tidak semua jenis lemak sama baiknya untuk kesehatan. Beberapa jenis lemak memiliki dampak positif pada tubuh, sementara yang lain dapat meningkatkan risiko penyakit tertentu.

 

Berikut 5 jenis lemak yang baik untuk kesehatan:

 

1. Lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat)

Lemak tak jenuh tunggal ditemukan dalam makanan seperti alpukat, kacang almond, kenari, minyak zaitun, dan minyak kanola. Konsumsi lemak tak jenuh tunggal telah terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung dan stroke. Mereka juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.

2. Lemak tak jenuh ganda (polyunsaturated fat)

Lemak tak jenuh ganda terdiri dari asam lemak omega-3 dan omega-6. Makanan kaya omega-3 termasuk ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan trout, serta biji rami, dan chia. Sementara itu, sumber omega-6 dapat ditemukan dalam minyak biji bunga matahari, jagung, dan kedelai. Konsumsi lemak tak jenuh ganda membantu menjaga kesehatan jantung dan otak, serta dapat mengurangi peradangan dalam tubuh.

 

BACA JUGA:Sering Mengeluh Sakit Leher? Ternyata Ini Lho Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

 

3. Lemak nabati

Lemak nabati termasuk dalam kategori baik untuk kesehatan karena biasanya rendah lemak jenuh dan kolesterol. Minyak nabati seperti minyak zaitun, minyak kanola, dan minyak kacang kedelai mengandung lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.

4. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah jenis lemak tak jenuh ganda yang sangat penting untuk kesehatan. Mereka memiliki peran vital dalam menjaga fungsi otak, mengurangi peradangan, dan mendukung kesehatan jantung. Sumber alami omega-3 meliputi ikan berlemak, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

5. Lemak alami dalam makanan utuh

Makanan utuh seperti alpukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian menyediakan lemak alami yang baik untuk kesehatan. Selain itu, lemak dalam makanan utuh sering disertai dengan serat, vitamin, dan mineral lain yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Kesimpulan

Meskipun lemak sering kali dianggap sebagai musuh, penting untuk memahami perbedaan antara jenis lemak. Lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal, lemak tak jenuh ganda, dan asam lemak omega-3 memberikan manfaat kesehatan yang signifikan.

Sumber: