14 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan, Pilihan yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh!

14 Makanan untuk Menurunkan Berat Badan, Pilihan yang Tepat untuk Kesehatan Tubuh!

Makanan untuk Menurunkan Berat Badan-ilustrasi-(Sumber Gambar : Pixabay)

RADAR JABAR - Menurunkan berat badan sering kali menjadi tujuan bagi banyak orang yang ingin mencapai tubuh yang lebih sehat dan proporsional.

Namun, proses penurunan berat badan yang sehat dan efektif membutuhkan kombinasi dari pola makan yang seimbang dan aktivitas fisik teratur.

Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan memilih makanan yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang dapat membantu menurunkan berat badan. 

Rekomendasi makanan untuk Menurunkan Berat Badan 

1. Kale

Kale merupakan sumber antioksidan dan beragam nutrisi penting seperti mangan, vitamin C, dan vitamin K. Selain itu, kale memiliki kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat, yang membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama dan mendukung dalam proses penurunan berat badan.

2. Brokoli

Brokoli merupakan makanan super yang kaya nutrisi dan merupakan tambahan yang sangat baik dalam diet penurunan berat badan yang sehat.

Secara khusus, brokoli mengandung serat dan mikronutrien penting seperti vitamin C, folat, kalium, dan mangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa meningkatkan konsumsi sayuran silangan, termasuk brokoli, dapat membantu mencegah peningkatan berat badan dari waktu ke waktu.

3. Alpukat

Alpukat kaya akan kalium, folat, serta vitamin C dan K. Meskipun memiliki kandungan kalori yang tinggi, alpukat juga mengandung serat dan lemak tak jenuh yang sehat untuk jantung, membantu menjaga perasaan kenyang di antara waktu makan, dan mendukung penurunan berat badan.

 

BACA JUGA:12 Makanan Pengganti Nasi yang Rendah Kalori untuk Diet yang Berhasil? Cek Disini!

 

4. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan antioksidan serta mengandung vitamin A dan C, mangan, dan vitamin B. Lebih lanjut, ubi jalar memiliki kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu memperlambat proses pengosongan perut untuk mendukung penurunan berat badan dan penurunan lemak.

5. Ikan Salmon

Salmon merupakan jenis ikan berlemak yang dikenal karena nutrisinya yang luar biasa. Selain mengandung jumlah asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan jantung dalam setiap porsi, salmon juga kaya akan vitamin B, selenium, dan kalium. Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme.

6. Telur

Telur merupakan salah satu jenis makanan penurun berat badan. Telur tinggi protein serta lemak sehat yang dapat membuat kalian merasa kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Environmental Research and Public Health mengungkapkan bahwa telur yang dikonsumsi dengan roti panggang dapat meningkatkan rasa kenyang yang lebih lama.

7. Sayuran Berdaun Hijau

Sumber: berbagai sumber