6 Waktu yang Tepat untuk Resign dari Pekerjaan

6 Waktu yang Tepat untuk Resign dari Pekerjaan

Inilah Waktu yang Tepat untuk Resign dari Pekerjaan-Ilustrasi/Pixabay/Muhammad_hassan-

RADAR JABAR - Apakah pekerjaanmu saat ini tidak memberikanmu semangat? Apakah suasana kerjamu tidak lagi membuatmu merasa nyaman? Jika jawabannya iya, maka ini adalah hal yang wajar. Namun tahan dulu, ada saat-saat waktu yang tepat untuk resign dari pekerjaan.

Kita yang sekarang bukanlah kita yang sama seperti kemarin, minggu lalu, bulan lalu, tahun lalu, dan seterusnya. Oleh karena itu, hal-hal yang dulu membuat kita bersemangat mungkin tidak lagi relevan saat ini.

Keluar dari tempat kerja saat ini mungkin merupakan pilihan yang paling logis, tetapi tentunya keputusan ini tidak boleh diambil secara tergesa-gesa. Apalagi keputusan ini harus dipertimbangkan setelah berdiskusi dengan atasan. Kamu perlu memikirkan hal ini secara matang sebelum akhirnya memberikan surat pengunduran diri kepada atasan dan juga ke HRD. Jangan sampai kamu menyesal setelah keluar.

Selain itu, jika kamu memikirkan masa depan karirmu dengan serius, kamu akan lebih memahami apa yang kamu cari, seperti tempat kerja seperti apa yang kamu inginkan, dan atasan seperti apa yang cocok dengan gaya kerjamu. Tentu saja, semua ini tidak menjamin 100% sesuai dengan yang kamu inginkan, tapi setidaknya cukup mewakili kebutuhanmu.

6 Waktu yang Tepat untuk Resign

Kapan waktu yang tepat untuk mengundurkan diri? Memutuskan untuk keluar dari pekerjaan saat ini memang tidak mudah bagi sebagian orang. Ini merupakan keputusan yang besar, terutama jika kamu telah bekerja di perusahaan tersebut dalam waktu yang cukup lama, memiliki teman-teman yang solid, atasan yang cocok, dan sebagainya.

BACA JUGA:9 Tata Cara Resign dari Kantor dengan Baik dan Benar

Namun, kadang-kadang keluar dari pekerjaan saat ini tidak bisa dihindari. Mungkin kamu ingin mencoba hal baru atau tempat kerja saat ini tidak sesuai dengan harapanmu. Jika memungkinkan, cobalah untuk membicarakan hal ini dengan atasan, misalnya tentang ingin pindah departemen atau menambah anggota tim. Namun, jika usahamu tidak berhasil, keluar mungkin bisa menjadi pilihan.

1. Ingin Ruang untuk Bertumbuh

Apa tandanya jika kamu siap untuk peluang baru? Pertama, kamu ingin ruang untuk bertumbuh. Coba lihat lagi, apakah pekerjaan yang kamu lakukan setiap hari terasa monoton? Atlet terbaik seringkali melakukan diversifikasi latihan fisik atau mengubah rutinitas harian.

Hal ini penting karena segala sesuatu yang kita lakukan secara konsisten, lama kelamaan tidak membuat kita bertumbuh. Jadi, jika ini yang kamu rasakan, coba lihat dulu apakah ada hal baru yang bisa kamu pelajari di tempat kerjamu sekarang atau apakah ada perubahan yang bisa kamu lakukan. Jika tidak ada, maka mungkin saja mencari pekerjaan di tempat lain menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan.

2. Tempat Kerja Mulai Terasa Tak Nyaman

Jika bicara soal suasana kerja, tentu saja budaya atau kebijakan perusahaan itu penting, tapi yang jauh lebih penting adalah lingkaran terdekatmu, entah atasan langsung, rekan kerja, tim, atau bahkan atasan dari atasanmu.

Lingkaran terdekat inilah yang menentukan apakah hidupmu akan lebih mudah atau lebih sulit di perusahaan yang sekarang. Perlu dipahami bahwa apa yang kamu rasakan bisa saja jauh berbeda dengan apa yang orang lain rasakan.

Misalnya, sebuah perusahaan dianggap sebagai tempat kerja yang buruk, tapi di sisi lain, ada juga orang yang bekerja hingga puluhan tahun di perusahaan tersebut. Alasannya bisa bermacam-macam, tapi faktor paling utama menurut saya adalah bagaimana hubungan dia dengan lingkaran terdekatnya.

3. Sering Merasa Stres

Jika kamu sering merasa stres, burnout, atau lelah, coba perhatikan setiap kali kamu pulang, apa yang kamu rasakan? Mungkin kamu suka dengan tempat kerjamu sekarang, atasanmu cocok, rekan kerjamu asik, tapi di sisi lain, kerjaannya banyak banget.

BACA JUGA:7 Skill Paling Berharga untuk Dapat Pekerjaan Terbaik Bergaji Tinggi

Sumber: