5 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker?

5 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker?

Kecombrang sejenis tumbuhan rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan.-Akademik Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang-Situs Universitas Negeri Malang

Oleh karena itu, konsumsi kecombrang atau buah patikala dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di dalam usus, sehingga dapat mengendalikan kadar gula darah dan mengurangi risiko lonjakan gula darah setelah makan.

 

4. Mengontrol Peradangan

 

Kecombrang dapat membantu mengontrol peradangan karena mengandung senyawa alami terpenoid, flavonoid, dan senyawa antiradang. Senyawa-senyawa ini diketahui dapat menghambat kerja enzim pemicu peradangan, sehingga kecombrang bermanfaat dalam mencegah peradangan atau inflamasi.

 

5. Mencegah Kanker

 

Kecombrang juga memiliki potensi untuk mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa alami dalam kecombrang bersifat antikanker dan mampu melawan serta menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

 

BACA JUGA:5 Ide Menu Oatmeal yang Bisa Dicoba di Rumah, Inovasi Menu Sehat dan Kreatif

 

Meskipun sebagian besar penelitian dilakukan pada hewan dan diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia, kecombrang tetap dianggap memiliki manfaat dalam mencegah kanker.

 

Selain hal-hal baik di atas, kecombrang  memiliki efek antioksidan, mampu menghambat pertumbuhan bakteri, memberikan aroma segar, dan bisa berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh. Untuk mengonsumsinya, kecombrang bisa diolah menjadi berbagai macam makanan, seperti sup atau tumisan.

Sumber: