7 Makanan Ini Terbukti Bisa Lawan Kanker dalam Tubuh

7 Makanan Ini Terbukti Bisa Lawan Kanker dalam Tubuh

Makanan yang Terbukti Bisa Lawan Kanker-Ilustrasi/Pixabay-

RADAR JABAR - Buah-buahan dan sayur-sayuran kaya akan antioksidan dan vitamin yang telah terbukti secara ilmiah dapat melawan kanker. Namun, ada sederet makanan yang terbukti bisa melawan kanker dalam tubuh.

Namun, hal tersebut tidak berlaku jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk suplemen pabrikan. Menurut rekomendasi World Cancer Research, tidak disarankan mengonsumsi suplemen sebagai bentuk pencegahan kanker.

Mengapa demikian? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi suplemen malah dapat meningkatkan risiko kanker.

Oleh karena itu, daripada membuang-buang uang untuk membeli suplemen, lebih baik alokasikan untuk membeli makanan alami dari alam.

7 Makanan yang Terbukti Bisa Lawan Kanker

Tidak semua jenis sayur dan buah-buahan sama dalam hal mencegah kanker. Menurut AIRC, ada beberapa jenis sayur dan buah-buahan yang menjadi makanan antikanker yang ampuh.

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung allicin yang terbukti dapat membantu melawan kanker. Namun, perlu diingat bahwa allicin dari bawang putih hanya dihasilkan saat bawang putih dihancurkan dan ditunggu selama 10 hingga 15 menit.

BACA JUGA:5 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker?

Selain itu, bawang putih harus dikonsumsi mentah karena allicin tidak tahan panas. Oleh karena itu, memasak bawang putih seperti direbus, dipanggang, atau digoreng akan mengurangi manfaatnya.

2. Sayuran crunchy

Sayuran crunchy seperti brokoli dan kembang kol, kaya akan beta karoten dan Lutein yang terbukti dapat melawan sel-sel kanker seperti kanker usus, kanker payudara, kanker kolorektal, dan kanker pankreas.

Namun, perlu diingat bahwa brokoli juga tinggi akan pestisida untuk mencegah serangan ulat. Sebelum mengonsumsi brokoli, pastikan untuk mencucinya dengan benar agar terhindar dari bahaya pestisida.

3. Jeruk Nipis & Lemon

Jeruk nipis dan lemon kaya akan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami untuk memerangi sel-sel kanker.

Sumber: