5 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker?

5 Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker?

Kecombrang sejenis tumbuhan rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan.-Akademik Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang-Situs Universitas Negeri Malang

Radar Jabar – Manfaat kecombrang untuk kesehatan memang apa saja? Well, jika kamu tahu atau pernah memasak menggunakan tumbuhan rempah-rempah satu ini namun belum tahu manfaatnya, artikel ini cocok dibaca.

 

Kecombrang, juga dikenal sebagai bunga honje, adalah sejenis tumbuhan rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan. Bagian bunga kecombrang yang belum mekar atau masih menguncup sering digunakan sebagai bumbu, sementara bagian buah, biji, dan batangnya juga dimanfaatkan.

 

Kecombrang memiliki aroma yang menggugah selera dan kaya akan kandungan nutrisi, terutama mineral penting seperti kalsium, kalium, dan fosfor. Selain itu, kecombrang juga diketahui mengandung senyawa antibakteri, antioksidan, dan memiliki potensi sebagai bahan makanan yang mengandung antioksidan, antibakteri, dan antikanker.

 

Tumbuhan rempah-rempah ini juga tentu bermanfaat baik terhadap kesehatan. Melansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa manfaat kecombrang untuk kesehatan.

 

BACA JUGA: 7 Manfaat Beras Merah bagi Kesehatan: Kaya Gizi untuk Hidup Sehat

 

Mengenal Beragam Manfaat Kecombrang untuk Kesehatan

 

1. Meredakan Panas Dalam

 

Bunga kecombrang dapat meredakan panas dalam. Senyawa antiradang di dalamnya diketahui mampu meredakan gejala panas dalam, seperti sakit tenggorokan.

Sumber: