8 Faktor Utama Penyebab Sakit Gigi yang Harus Anda Ketahui

8 Faktor Utama Penyebab Sakit Gigi  yang Harus Anda Ketahui

Faktor utama penyebab sakit gigi--Sumber gambar: freepik.com

RADAR JABAR - Sakit gigi dapat menjadi pengalaman yang sangat tidak menyenangkan dan dapat memengaruhi kualitas hidup seseorang.

Meskipun ada banyak jenis masalah gigi yang dapat menyebabkan rasa sakit, beberapa faktor penyebab umum telah diidentifikasi oleh para ahli kesehatan gigi.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan sakit gigi.

 

Berikut adalah 8 faktor penyebab sakit gigi:

 

1. Karies Gigi (Caries Dentin)

Salah satu penyebab paling umum dari sakit gigi adalah karies gigi atau gigi berlubang. Ini terjadi ketika bakteri dalam plak gigi merusak lapisan luar gigi (email) dan mencapai lapisan dalam (dentin). Proses ini dapat menyebabkan sensasi nyeri dan kepekaan pada gigi.

2. Infeksi Gusi (Gingivitis dan Periodontitis)

Infeksi gusi adalah penyebab lain dari sakit gigi. Gingivitis adalah peradangan gusi ringan, sedangkan periodontitis adalah infeksi gusi yang lebih serius dan dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan pendukung gigi. Gigi yang longgar atau kehilangan gigi bisa menjadi hasil dari infeksi gusi.

 

BACA JUGA: 7 Cara Menjaga Kesehatan Gigi yang Benar dan Efektif, Agar Gigi Tetap Sehat dan Bersih

 

3. Saraf Gigi yang Meradang (Pulpitis)

Pulpitis terjadi ketika saraf gigi mengalami peradangan, yang dapat disebabkan oleh karies gigi yang tidak diobati atau cedera pada gigi. Rasa sakit dari pulpitis dapat menjadi sangat intens dan memerlukan perawatan segera.

Sumber: