Ketua KPU Bantah Penyataan Roy Suryo Tentang Ear Freeder Gibran: Tukang Fitnah

Ketua KPU Bantah Penyataan Roy Suryo Tentang Ear Freeder Gibran: Tukang Fitnah

Ketua KPU Bantah Penyataan Roy Suryo Tentang Ear Freeder Gibran-Ist-

RADAR JABAR - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Hasyim Asy'ari memberikan klarifikasi terkait pernyataan pakar telematika Roy Suryo di media sosialnya.

Roy Suryo menyebutkan bahwa calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menggunakan tiga mikrofon sekaligus, sedangkan dua calon wakil presiden (Cawapres) lainnya tidak.

Hasyim Asy'ari menjelaskan bahwa pada debat kedua Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat 22 Desember 2023, semua calon wakil presiden menggunakan alat mikrofon yang sama.

"Semua cawapres pakai alat yang sama. Semua cawapres pakai tiga mik untuk mengantisipasi ada mic yang mati," kata Hasyim dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 23 Desember 2023.

BACA JUGA:Arti SGIE yang Buat Cak Imin Bingung Tanggapi Gibran Saat Debat Cawapres

Hasyim Asy'ari dengan tegas menyatakan bahwa Gibran tidak menggunakan ear feeder atau alat pengumpan telinga. Ia menjelaskan bahwa perangkat yang terpasang di telinga calon wakil presiden merupakan cantolan mikrofon.

"Bukan ear feeder Itu mik yang ditempel di pipi dan dicantolkan di kuping," sambungnya.

"Semua cawapres bisa ditanya dan juga stasiun TV penyelenggara debat, dan juga tim paslon yang berada di holding-room saat pemasangan mik, bisa ditanya," jelasnya.

Hasyim Asy'ari memastikan bahwa debat cawapres berjalan secara adil dan spontan. Selain itu, ia mengecam analisis yang keliru dari Roy Suryo.

"Saya sebagai penyelenggara juga tahu dan siap tanggung jawab," tegas Hasyim.

"Debat spontan, tidak mungkin didikte, mendengarkan bisikan atau baca contekan. Roy Suryo memang tukang fitnah," pungkasnya.

Sebelumnya, Roy Suryo memberikan komentarnya mengenai pelaksanaan debat perdana calon wakil presiden di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, pada Jumat (22/12).

Menurutnya, ada beberapa hal yang dianggap aneh dalam debat yang diselenggarakan oleh KPU. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Roy Suryo melalui akun media sosial pribadinya, @KRMTRoySuryo1, pada Jumat (22/12).

"Kemarin sudah saya duga, untuk menghindari cheating, sebaiknya next KPU adil," cuit Roy Suryo, dikutip Sabtu.

Sumber: