10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Banten, Paling Hits Dikunjungi Wisatawan

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Banten, Paling Hits Dikunjungi Wisatawan

Rekomendasi Tempat Wisata di Banten-Map/G-

Ombak yang cukup besar mendukung aktivitas surfing, dan terdapat berbagai wahana menarik di sekitar pantai, seperti ETV dan banana boat. Wahana memacu adrenalin ini dapat menampung hingga enam orang, memberikan pengalaman mengarungi perairan laut.

Selain itu, pengunjung dapat mengunjungi mercusuar setinggi 16 lantai, dari puncaknya dapat menikmati pemandangan laut lepas dengan latar belakang Gunung Krakatau. Pantai ini terletak di Jalan Raya Anyer bandulu, Serang, Banten, dan beroperasi 24 jam setiap harinya.

4. Pantai Carita

Pantai Carita merupakan salah satu pantai terkenal di Banten yang menghadap ke arah Selat Sunda. Dengan luas sekitar dua setengah hektar, pantai Carita menawarkan wisata bahari yang cocok untuk keluarga dengan keindahan bawah laut yang menarik.

Aktivitas snorkeling dan diving dapat dinikmati, dan terdapat wahana banana boat dan jetski yang menantang. Fasilitas yang lengkap membuat pantai ini menjadi tempat menginap yang banyak diminati, ditambah dengan adanya kafe atau restoran sepanjang pantai.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam, dengan harga tiket masuk yang bervariasi tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan.

5. Pulau Umang

Pulau Umang merupakan destinasi wisata bahari populer di Banten, terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang. Pulau ini dinamakan Pulau Umang karena banyak ditemukan binatang Umang atau kelomang, binatang endemik pulau ini.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata Paling Hits di Cirebon untuk Semua Kalangan

Pulau dengan luas lima hektar ini menawarkan berbagai wahana aktivitas air yang seru, seperti banana boat dan jetski. Kegiatan snorkeling dan diving juga bisa dicoba di kawasan yang masih alami ini, dengan keindahan bawah laut yang terjaga.

Terumbu karang dan ikan warna-warni dapat dinikmati dalam air laut yang jernih. Pulau Umang menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Banten.

6. Curug Cigumawang

Curug Cigumawang merupakan salah satu air terjun cantik yang terdapat di Desa Kadubeureum, Kecamatan Padarincang, Serang, Banten. Dengan ketinggian sekitar 40 meter, air terjun ini terletak di antara tebing yang ditumbuhi pepohonan rindang.

Curug Cigumawang dihubungkan dengan beberapa mitos, di mana dikatakan bahwa sepasang kekasih yang datang ke sini akan dipastikan menikah. Selain itu, air dari Curug Cigumawang juga dipercaya memiliki khasiat penyembuhan untuk berbagai penyakit.

Selain menjadi tempat outbond dan camping, pengunjung dapat melakukan olahraga panjat tebing dengan tetap mematuhi aturan keselamatan. Curug Cigumawang buka setiap hari selama 24 jam dengan harga tiket yang terjangkau.

7. Gunung Pulosari

Gunung Pulosari merupakan gunung berapi tipe B yang telah lama tidak aktif. Meski tidak begitu tinggi, gunung ini terkenal dengan jalurnya yang berat dan menantang, memiliki ketinggian sekitar 1346 meter di atas permukaan laut.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Menarik di Jawa Barat

Gunung Pulosari sangat dikeramatkan oleh masyarakat sekitar, terutama karena kubah kawah besar yang mengeluarkan asap menjadi daya tarik utama. Selain itu, terdapat Curug di tengah jalur pendakian menuju puncak, yang membutuhkan perjalanan sekitar 5 hingga 6 jam melalui hutan lebat alami yang cenderung menanjak.

Sumber: