10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Banten, Paling Hits Dikunjungi Wisatawan

10 Rekomendasi Tempat Wisata Terpopuler di Banten, Paling Hits Dikunjungi Wisatawan

Rekomendasi Tempat Wisata di Banten-Map/G-

RADAR JABAR – Jika kamu butuh referensi destinasi wisata untuk liburan, kami akan memberi 10 rekomendasi tempat wisata paling hits di Banten saat ini.

Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa yang sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Namun, sejak tahun 2000-an, provinsi ini menjadi wilayah pemekaran, menjadi provinsi ke-32 di Indonesia.

Banten berperan sebagai jalur penghubung antara Jawa dan Sumatera, dan memiliki beragam destinasi wisata menarik untuk dikunjungi.

Memiliki sejuta pesona dan keindahan alamnya, tak heran jika wilayah Banten kerap menjadi tujuan wisata bagi para turis lokal hingga turis mancanegara.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Banten

Berikut adalah beberapa daftar tempat wisata terpopuler di Banten yang bisa menjadi tujuan liburanmu yang menyenangkan.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di kecamatan Sumur dan Cimanggu, kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Merupakan salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO, taman nasional ini adalah yang tertua di Indonesia.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Indah di Sumba, Banyak Pemandangan Cantik

Dengan luas area mencapai 122.956 hektar, terdiri dari kawasan darat dan perairan, Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya dikenal karena flora dan fauna khasnya, tetapi juga menyediakan objek wisata menarik dan eksotis.

Paket wisata bahari, edukasi, dan petualangan alam melibatkan berbagai aktivitas seperti berkemah, penelusuran hutan, wildlife viewing, menyelam, snorkeling, berselancar, dan memancing dengan tarif yang bervariatif.

2. Saba Budaya Baduy

Saba Budaya Baduy merupakan destinasi wisata alam dan budaya di mana pengunjung dapat menikmati keaslian alam dan lebih memahami budaya suku Baduy yang masih menjunjung tinggi tradisionalisme.

Terletak di Desa Cibeo, Kabupaten Lebak, Banten, Saba Budaya Baduy terbagi menjadi dua kelompok, yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar. Baduy Dalam terlihat dari penampilannya yang mengenakan pakaian dan ikat kepala serba putih, sementara Baduy Luar mengenakan pakaian hitam dan ikat kepala berwarna biru.

Keunikan tempat ini adalah kealamian alam dan harmonisasi dalam keterpaduan antara manusia, hutan, dan lingkungannya. Saat berkunjung, pengunjung diharapkan mematuhi peraturan, seperti larangan mengambil foto atau video melalui perangkat apapun.

Mengenal suku Baduy, baik Dalam maupun Luar, tidak hanya memberikan wawasan tentang budaya murni yang masih hidup di Nusantara, tetapi juga mengajarkan makna kehidupan melalui nilai-nilai budaya yang diterapkan oleh masyarakatnya.

3. Pantai Anyer

Pantai Anyer menjadi destinasi wisata yang sangat populer di Provinsi Banten. Keindahan pantainya dengan panorama air laut yang bersih dan alami membuat kegiatan snorkeling dan menyelam sangat diminati.

Sumber: