10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Menarik di Jawa Barat

10 Rekomendasi Tempat Wisata Paling Menarik di Jawa Barat

Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat yang Paling Menarik-Map/Venom Neo-

RADAR JABAR – Tanah Parahyangan menyimpan sejuta pesonanya, untuk itu kami akan memberi 10 rekomendasi wisata paling menarik di Jawa Barat.

Terbentang dari pesisir Indramayu di bagian utara hingga Pangandaran di bagian selatan, serta dari Sukabumi di bagian barat sampai Kuningan di ujung timur, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan populasi terpadat di Indonesia.

Keindahan alamnya yang unik dan mudah diakses dari Jakarta atau Bandung menjadikannya destinasi wisata yang sangat menarik.

Mulai dari danau di puncak gunung hingga pantai berpasir putih, Jawa Barat menyimpan berbagai keajaiban alam yang spektakuler dan patut untuk dikunjungi.

10 Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Barat

Untuk Anda yang merencanakan liburan, berikut adalah 10 rekomendasi tempat wisata di Jawa Barat yang paling menarik untuk dikunjungi.

1. Green Canyon di Pangandaran

Green Canyon, awalnya populer berkat wisatawan Prancis, mirip dengan Grand Canyons di Arizona namun berwarna hijau. Setelah melengkapi pelampung, petualangan dimulai dengan menyusuri sungai yang berkelok-kelok di antara tebing hijau.

BACA JUGA:10 Tempat Wisata Terpopuler di Ciwidey, Keindahan Alam Memukau dengan Udara Sejuknya

Di sepanjang perjalanan, dinding batu yang dipahat alami sejak bertahun-tahun lalu dihiasi oleh aneka tumbuhan hijau. Di akhir perjalanan, pengunjung dapat turun dari perahu, memanjat tumpukan batu besar, dan merasakan petualangan sesungguhnya. Terdapat kesempatan untuk terjun bebas ke sungai, menantang beberapa rintangan yang menarik. Sungai ini menyimpan kejutan dan keseruan di setiap sudutnya.

Setelah menyusuri sungai, pengunjung dapat beristirahat di tepi sungai sambil menikmati hidangan tradisional seperti nasi bakar dan ayam dibungkus daun pisang, serta menyegarkan diri dengan air kelapa muda. Petualangan diakhiri dengan kembali naik perahu menuju hilir sungai yang bermuara di laut selatan, menikmati matahari tenggelam di cakrawala.

2. Curug Cikaso di Sukabumi

Terletak di Desa Ciniti, Sukabumi Selatan, Curug Cikaso mungkin belum begitu terkenal, tetapi keindahan air terjunnya patut diperhitungkan. Terdiri dari tiga air terjun berdampingan dengan kolam berair biru kehijauan yang eksotis di bawahnya.

Ketiga air terjun, yaitu Curug Asepan, Curug Meong, dan Curug Aki, berasal dari satu sungai yang dibelah oleh bebatuan tebing. Air terjun dengan ketinggian mencapai 80 meter dan lebar tebing 100 meter ini memberikan pemandangan air yang indah, dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Gemuruh air terjun menciptakan kabut air yang menyegarkan, sementara tetesan air pada dedaunan menciptakan suasana yang segar. Untuk mencapai Curug Cikaso, perlu dilakukan perjalanan trekking sejauh kurang lebih satu kilometer. Selama kunjungan, jangan lupa mengabadikan keindahan Curug Cikaso dengan foto selfie karena tiket masuknya sangat terjangkau.

3. Stone Garden di Padalarang

Batuan ini diperkirakan terbentuk sekitar 20-30 juta tahun yang lalu selama zaman Miosen, ketika daerah tersebut merupakan dasar laut dan batuannya adalah terumbu karang. Gua Pawon di bawah Stone Garden memberikan bukti kehidupan manusia 9.500 tahun yang lalu.

Terletak di Gunung Masigit, Cipatat, Stone Garden menawarkan keeksotisan yang memukau dan sering digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding yang kemudian viral di media sosial. Pemandangan padang batu-batu yang menakjubkan, terutama pada pagi hari atau senja, menjadikan tempat ini istimewa.

Sumber: