Pertemuan Kementerian PANRB-PTRI New York Diskusi Mengenai Digitalisasi dalam Reformasi Birokrasi

Pertemuan Kementerian PANRB-PTRI New York Diskusi Mengenai Digitalisasi dalam Reformasi Birokrasi

Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Nanik Murwati bersama Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PTRI New York) di New York, Amerika Serikat, Senin (27/11)--ANTARA/HO-Humas Kementerian PANRB

RADAR JABAR - Delegasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah melakukan pertemuan dengan Perutusan Tetap Republik Indonesia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PTRI New York) di New York, Amerika Serikat pada Senin (27/11).

Dalam keterangannya di Jakarta pada Rabu, Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB, Nanik Murwati, menyatakan bahwa pertemuan tersebut membahas pentingnya digitalisasi sebagai salah satu fondasi utama dalam reformasi birokrasi.

"Digitalisasi melalui arsitektur SPBE menjadi fondasi utama bagi reformasi birokrasi, dengan dampaknya yang harus dirasakan oleh lapisan masyarakat Indonesia baik di dalam negeri maupun di luar negeri," ujar Nanik dalam keterangannya di Jakarta, pada Rabu (29/11).

BACA JUGA:Sikap Gibran Disebut Kemliti Saat Wawancara, Netizen Bandingkan dengan Jokowi

Ia juga menegaskan urgensi dan pentingnya reformasi birokrasi yang didukung oleh pemerintahan digital berbasis data. Dalam upaya memperkuat digitalisasi, Nanik menekankan perlunya penyederhanaan dan integrasi proses bisnis, dengan harapan dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelaksanaan tugas, program, dan pelayanan di seluruh instansi pemerintah, termasuk yang dilakukan oleh PTRI New York.

"Selanjutnya, kami akan melakukan tinjauan mendalam bersama PTRI New York mengenai kebijakan penataan kelembagaan Perwakilan RI di Luar Negeri. Penataan kelembagaan ini dilakukan sejalan dengan disusunnya revisi Keppres Nomor 108 Tahun 2003 tentang Organisasi Perwakilan RI di Luar Negeri," tambah Nanik

BACA JUGA:Polisi Tangkap Anggota Laskar Manguni yang Terlibat Kerusuhan Bitung, Marco Karundeng Masih Buron

Dalam pertemuan tersebut, juga dibahas kedudukan dan hubungan proses bisnis serta tata kerja antara PTRI dengan KJRI New York, KBRI Washington DC, dan unsur organisasi yang terdapat di lingkungan PTRI New York.

"Pertemuan ini menjadi landasan yang kuat untuk memperkuat sinergi dan efisiensi dalam menjalankan tugas diplomatik PTRI di New York sekaligus sebagai upaya yang mencerminkan komitmen terus-menerus terhadap perbaikan berkelanjutan bagi efektivitas kelembagaan dan tata kelola Perwakilan RI di luar negeri secara menyeluruh," ujar Nanik.*

Sumber: antara