Resep Brownies Bakar Praktis dan Mudah Dibuat Dirumah

Resep Brownies Bakar Praktis dan Mudah Dibuat Dirumah

Ilustrasi Brownies Bakar--Freepik/Jcomp

1. Persiapkan Peralatan dan Bahan

Pastikan Anda memiliki semua peralatan yang diperlukan seperti mangkuk, spatula, dan loyang. Siapkan juga bahan-bahan dengan takaran yang tepat.

2. Lelehkan Dark Chocolate dan Mentega

Lelehkan potongan dark chocolate dan mentega bersamaan. Caranya bisa dengan meletakkan mangkuk di atas panci air mendidih atau menggunakan microwave dengan interval pendek. Aduk hingga rata dan lembut.

3. Tambahkan Gula, Telur, dan Vanili

Setelah dark chocolate dan mentega meleleh, tambahkan gula pasir ke dalam campuran. Aduk hingga gula larut dalam campuran. Selanjutnya, masukkan telur satu per satu sambil terus mengaduk. Tambahkan vanili ekstrak dan aduk rata.

4. Campurkan Tepung, Kakao, Baking Powder, dan Garam

Dalam mangkuk terpisah, campurkan tepung terigu, bubuk kakao, baking powder, dan garam. Campurkan campuran ini ke dalam campuran dark chocolate secara perlahan sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

5. Tambahkan Kenari atau Walnut (Opsional)

Jika Anda menyukai rasa dan tekstur yang berbeda, tambahkan kenari atau walnut ke dalam adonan. Aduk hingga rata. Langkah ini memberikan tambahan rasa gurih dan renyah pada brownies Anda.

6. Tuangkan ke Loyang dan Ratakan

Siapkan loyang yang telah dialasi kertas baking atau diolesi mentega. Tuangkan adonan brownies ke dalam loyang dan ratakan permukaannya.

7. Panggang dalam Oven yang Telah Dipanaskan

Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius. Panggang brownies selama 20-25 menit atau hingga permukaannya mengeras dan bagian dalamnya tetap lembut. Gunakan tes tusuk untuk memastikan brownies matang.

8. Dinginkan dan Potong-Potong

Sumber: