Kejanggalan Surat Pernyataan Damai dari Manguni Minahasa yang Hanya Ditandatangani Sepihak

Kejanggalan Surat Pernyataan Damai dari Manguni Minahasa yang Hanya Ditandatangani Sepihak

Kejanggalan Surat Pernyataan Damai dari Manguni Minahasa yang Hanya Ditandatangani Sepihak, Tanpa Tandatangan dari Barisan Solidaritas Muslim Bitung-Instagram/humas_polresbitung-

RADAR JABAR - Dua kelompok massa yang sebelumnya terlibat bentrokan antara kelompok pro Israel dan Palestina di Pusat Kota Kelurahan Bitung Timur, pada Sabtu (25/11/2023), menyatakan telah mencapai kesepakatan damai.

Kesepakatan tersebut diresmikan melalui Berita Acara Kesepakatan Damai yang diselenggarakan di GOR Duasudara, yang diinisiasi oleh FKUB Kota Bitung dan BKSUA Kota Bitung.

Sebelum penandatanganan kesepakatan damai, dua perwakilan kelompok massa terlibat dalam dialog yang dipandu oleh Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri, bersama Forkopimda Kota Bitung dan tokoh agama.

Setelah mencapai kesepahaman, perwakilan kedua kelompok massa bersama tokoh agama yang tergabung dalam FKUB dan BKSUA melakukan penandatanganan kesepakatan damai, yang sebelumnya isi kesepakatan tersebut dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bitung, Rudy Theno.

Mengutip beritamanado, berikut isi berita acara kesepakatan damai kedua belah pihak:

Berita Acara Kesepakatan Damai ini dibuat hari ini, Sabtu tanggal 25 November 2023 jam 23.00 WITA bertempat di Gedung Gelanggang Olahraga (GOR) Manembo-nembo Kota Bitung.

BACA JUGA:Pasukan Manguni Minahasa Hadang Massa Aksi Bela Palestina, Nama Marco Karundeng jadi Sorotan

Menerangkan bahwa kami Tokoh Agama yang tergabung dalam FKUB BKASUA Kota Bitung menyatakan;

1.Kota Bitung dalam keadaan Aman dan Damai

2.Menangkal Berita Hoax dan Berita-berita yang memprovokasi

3.Masyarakat adat Minahasa dan BSM bersatu padu dan menyatakan tidak ada konflik lagi, serta mengedepankan kedamaian diatas segala-galanya.

Demikian Berita Acara Kesepakatan ini dibuat untuk dipergunakan.

BACA JUGA:Isi Surat dari Kelompok Adat Manguni Minahasa, Menolak Disebut Bodoh Karena Dukung Israel

Namun ada kejanggalan yang ditemukan, yaitu kolom tandatangan dari pihak Barisan Solidaritas Muslim masih kosong. Terlihat di surat yang beredar bahwa hanya pihak dari ormas Manguni Minahasa yang menandatangani kesepakatan damai.

Sumber: