Gempa M 5,2 Guncang Bandung, Sabtu Pagi 18 November 2023, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 5,2 Guncang Bandung, Sabtu Pagi 18 November 2023, Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa M 5,2 Guncang Bandung, Sabtu Pagi 18 November 2023-Pusat Gempa di Barat Daya Kabupaten Bandung, hari Sabtu (18/11)-ANTARA/HO-BMKG

Radar Jabar - Wilayah Bandung, Jawa Barat (Jabar) diguncang gempa hari ini Sabtu (18/11) pagi WIB. Berkekuatan magnitudo 5,2, gempa tersebut berpusat di laut.

 

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun medsos X, gempa tersebut terjadi pukul 06.34 WIB. Pusat gempa ada di 97 km barat daya Kabupaten Bandung atau pada koordinat 7.86 LS, 107.27.BT.

 

Gempa Bandung itu berpusat di kedalaman 21 km. Menurut laporan BMKG dikutip dari detik.com, getaran gempa terasa di Ciamis sampai Garut dengan skala MMI III mengartikan getaran dirasakan dalam rumah. Terasa getaran seperti ada truk bergerak.

 

"Dirasakan (MMI) III Garut, III Sindangbarang, III Ciamis, III Pakenjeng, III Bungbulang," tulis BMKG, dikutip dari detik.com.

 

BMKG memastikan gempa ini tidak berpotensi tsunami, tapi tetap mengimbau warga supaya mewaspadai kemungkinan munculnya gempa susulan.

 

"Arahan: Tidak berpotensi TSUNAMI. Saran BMKG: Hati-hati terhafap gempabumi susulan yang mungkin terjadi," bunyi keterangan dalam laman resmi BMKG, dikutip dari Liputan6.com.

 

Belum ada laporan mengenai dampak gempa bumi di Kabupaten Bandung tersebut hingga tulisan ini naik.

 

Sumber: