Hasil Investigasi Buktikan Israel Bom Rumah Sakit dan Gereja di Gaza

Hasil Investigasi Buktikan Israel Bom Rumah Sakit dan Gereja di Gaza

Israel ledakan rumah sakit dan gereja di Gaza-Ist-

RADAR JABAR - Fakta di balik peristiwa ledakan di Rumah Sakit al-Ahli di Gaza mulai terungkap. Hasil penyelidikan dari Al Jazeera mengungkapkan temuan mereka berdasarkan video yang menunjukkan momen kejadian tersebut.

Sanad Agency Al Jazeera telah melakukan investigasi terhadap klaim Israel yang menyatakan bahwa serangan terhadap Rumah Sakit Arab al-Ahli di Gaza disebabkan oleh salah tembak roket oleh Jihad Islam Palestina, bukan akibat dari serangan berkelanjutan Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober.

Penyelidikan yang dilakukan oleh Sanad menganalisis rekaman yang memiliki penanda waktu dari berbagai sumber, termasuk siaran langsung oleh jurnalis Al Jazeera pada saat insiden terjadi.

Mereka juga memeriksa rekaman langsung dari Israel yang mengklarifikasi bahwa siaran langsung Al Jazeera mengalami keterlambatan selama 35 detik.

Penyelidikan mengungkapkan bahwa tampaknya pernyataan Israel telah salah menginterpretasikan bukti-bukti untuk menciptakan narasi bahwa salah satu kilatan cahaya yang terdokumentasi oleh beberapa sumber adalah roket yang meleset.

Setelah melakukan tinjauan teliti terhadap semua video yang ada, analis Sanad menyimpulkan bahwa kilatan cahaya yang dihubungkan oleh Israel dengan kesalahan tembakan sebenarnya konsisten dengan tindakan sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel yang mengintersep dan menghancurkan rudal-rudal yang diluncurkan dari Jalur Gaza di udara.

BACA JUGA:9 Rekomendasi Film Tentang Konflik Israel vs Palestina Paling Menegangkan dan Menyayat Hati

Dalam hasil analisis dari siaran langsung Al Jazeera pada Selasa (17/10/2023) mulai pukul 18:45, Sanad berhasil mengidentifikasi empat serangan Israel terhadap Gaza yang mengincar empat lokasi di sekitar rumah sakit pada pukul 18:54:28, 18:55:03, 18:57:42, dan 18:58:04.

Selanjutnya, Sanad melakukan pembandingan video tersebut dengan rekaman lain yang diambil dari lokasi selatan Tel Aviv, yang memberikan pandangan luas ke arah Gaza. Video ini dengan jelas menunjukkan serangkaian peluncuran roket dari Gaza dan bagaimana Iron Dome Israel berhasil mengintersep roket-roket tersebut.

Selanjutnya, dalam siaran langsung Al Jazeera pada pukul 18:59:35, terlihat peluncuran satu roket dari Gaza. Roket yang sama juga terlihat dalam video yang diambil dari Israel.

Sekitar 15 detik kemudian, roket tersebut diintersep di udara oleh sistem Iron Dome Israel, dan dalam rekaman video, terlihat bahwa roket tersebut benar-benar hancur di udara.

Berdasarkan hasil analisis, roket yang dihancurkan ini merupakan roket terakhir yang diluncurkan dari Gaza sebelum terjadinya ledakan di rumah sakit. Lalu, dalam waktu 5 detik berikutnya, terlihat sebuah ledakan di Gaza yang diikuti oleh ledakan besar di rumah sakit 2 detik kemudian.

"Investigasi digital Al Jazeera tidak menemukan dasar bagi klaim tentara Israel bahwa serangan terhadap rumah sakit Arab al-Ahli di Gaza disebabkan oleh peluncuran roket yang gagal," tulis Al Jazeera, dikutip Jumat 20 Oktober 2023.

Kesaksian Dokter Rumah Sakit Gaza

Fadel Naim, yang menjabat sebagai Kepala Bedah Ortopedi di Rumah Sakit Al-Ahli al-Arabi di Gaza, baru saja menyelesaikan suatu prosedur medis ketika tiba-tiba ia terkejut oleh suara ledakan yang keras. Area ruang bedah segera dipenuhi oleh orang-orang yang berteriak meminta pertolongan.

Sumber: