Bodi Mirip Aerox! Yamaha FreeGo S Connected Punya Spesifikasi Mesin Tak Kalah dengan Filano dan Fazzio

Bodi Mirip Aerox! Yamaha FreeGo S Connected Punya Spesifikasi Mesin Tak Kalah dengan Filano dan Fazzio

Yamaha FreeGo S Connected Punya Bodi Mirip Aerox, Spesifikasi Mesin Tak Kalah dengan Filano dan Fazzio -RJ-

RADAR JABAR - Kalian ingin Yamaha Aerox, tetapi budgetnya tidak mencukupi? Solusinya adalah Yamaha FreeGo S Connected. Mari kita bahas dengan lengkap tentang spesifikasi dan pengalaman berkendara dengan Yamaha FreeGo S Connected.

Kali ini, kita akan lebih fokus pada pengalamannya saat berkendara. Ada beberapa detail yang perlu diingat, karena perubahan pada sepeda motor ini cukup menarik.

Secara keseluruhan, terdapat banyak perubahan dari segi desain, terutama pada bagian depan, samping, dan belakang. Desain lampu depannya sekarang lebih khas Asia Tenggara, lebih lancip, dan mirip dengan Vario.

Namun, menurut kami, lebih mirip dengan Aerox, meskipun ada kesamaan dengan poletan biru pada lampunya. Mungkin hanya sebagai elemen dekoratif. Sayangnya, semua lampu menggunakan bohlam, kecuali lampu utama dan lampu jauh yang sudah menggunakan LED.

BACA JUGA:Saingan Yamaha Grand Filano dan Honda Scoopy? MBP SC150RE Siap Digemari Anak Milenial dengan Desain Lucu

Satu hal yang positif adalah penggunaan kaki-kaki yang sama dengan versi sebelumnya, yaitu ring 12 di roda depan dan 110 di roda belakang, dengan ketebalan profil sebesar 90.

Ini tentu akan membuat perjalanan lebih nyaman dibandingkan dengan sepeda motor sejenis. Sayangnya, varian dengan fitur ABS telah dihapus. Namun, untuk sepeda motor seukuran FreeGo S Connected, sebenarnya ABS tidak terlalu diperlukan.

Perbandingan Yamaha FreeGo S, Filano, dan Fazzio

Selama workshop dengan teman-teman dari Yamaha, kami mendapatkan data mengenai trail dan sudut casternya pada FreeGo, Filano, dan Fazzio, dan ternyata angkanya berbeda-beda. Pengaruh dari perbedaan ini akan kita bahas lebih lanjut saat membahas pengalaman berkendara.

Selain itu, sepeda motor ini masih menggunakan format tangki yang terletak di bawah dek, bukan di depan seperti Kawasaki. Ini adalah Yamaha, dan bukan juga bisa diisi dari sini. Tangki ini hanya terletak di bagian mulut dan leher, sehingga terlihat agak tebal.

BACA JUGA:Ngeri! New Yamaha Aerox 155 2023 Segera Rilis Siap jadi Buruan, Harga Mulai 27 Jutaan!

Namun, tangki FreeGo S memang berbeda dengan tangki Yamaha Grand Filano, meskipun posisinya sama-sama berada di bawah. Hal ini juga memengaruhi rangka. Pada Grand Filano, tangki asimetris, sementara pada ini, justru simetris.

Performa Mesin

Selanjutnya, sebelum kita membahas pengalaman saat berkendara, kita juga akan membahas masalah mesin dan transmisinya. Yamaha FreeGo S Connected menggunakan mesin 125 cc dengan teknologi Blue Core.

Dibandingkan dengan Filano, tentunya tidak memiliki teknologi hibrida, dan ada perbedaan pada rasio kompresi, di mana rasio kompresinya adalah 9,5 banding 1. Angka 9,5 ini seolah menjadi angka khas dari FreeGo, karena tenaganya juga mencapai 9,5 PS pada 8000 RPM dan torsi sebesar 9,5 Nm pada 5.500 RPM.

CVT-nya juga memiliki sedikit perbedaan dibandingkan dengan Filano dan Vilano, dengan penggunaan roller yang lebih ringan. Kami akan membahas perbedaannya lebih lanjut, termasuk bagaimana rasanya saat berkendara.

Suspensi

Sumber: