Apa yang Terjadi pada Otak Orang Mabuk? Jangan Remehkan Akibatnya

Apa yang Terjadi pada Otak Orang Mabuk? Jangan Remehkan Akibatnya

Mabuk karena alkohol bisa sebabkan gangguan memori dan kerusakan otak, ini penyebabnya-Pixabay/rebcenter-moscow-

Dampak singkat dari konsumsi alkohol ini dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang yang dapat muncul akibat penggunaan alkohol secara berkepanjangan.

Bagian otak yang paling terpengaruh adalah hippocampus, yang bertanggung jawab atas pembentukan memori, dan ini dapat menyebabkan hilangnya memori jangka pendek serta kematian sel otak.

Ketidakmampuan berulang untuk sadar akibat konsumsi berlebihan adalah tanda yang jelas dari penyalahgunaan alkohol, dan dapat mengakibatkan kerusakan permanen yang menghambat kemampuan otak untuk menyimpan ingatan baru.

BACA JUGA:Efek Minuman Beralkohol Bagi Tubuh, Hindari Jika Ingin Terhindar dari Kelainan Organ Tubuh dan Penyakit

Sebagai ilustrasi, seseorang mungkin bisa mengingat peristiwa masa lalu dengan sangat jelas, tetapi tidak mampu mengingat percakapan yang terjadi hanya beberapa jam kemudian.

Alkohol Menyebabkan Kerusakan Otak

Ketika alkohol memasuki tubuh, ia akan menyebar dari perut dan usus melalui aliran darah ke berbagai organ. Di dalam organ hati, peningkatan tajam kadar alkohol dalam darah yang disebabkan oleh konsumsi alkohol berlebihan mengakibatkan beban berlebih pada kemampuannya untuk memproses alkohol.

Oleh karena itu, terjadi penyebaran berlebihan alkohol dari hati ke bagian lain tubuh, seperti jantung dan sistem saraf pusat.

Selanjutnya, alkohol berpindah melalui penghalang darah di otak, yang berdampak langsung pada sel-sel saraf di otak.

Terdapat lebih dari 100 miliar sel saraf yang terhubung satu sama lain di otak dan sistem saraf pusat. Sebagai zat yang bersifat beracun, mengonsumsi alkohol dapat merusak, bahkan mengakibatkan kematian sel-sel saraf di otak.

Sumber: