Studi: Orang Kaya Atau Miskin Bisa Terlihat dari Wajah, Kamu Termasuk yang Mana?

Studi: Orang Kaya Atau Miskin Bisa Terlihat dari Wajah, Kamu Termasuk yang Mana?

Studi Orang Kaya Atau Miskin Bisa Terlihat dari Wajah, Kamu Termasuk yang Mana-Orang Kaya Atau Miskin Bisa Terlihat dari Wajah-Freepik

RADAR JABAR - Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology mengungkap bahwa kekayaan dan kemiskinan bisa dilihat dari wajah seseorang.

Dalam penelitian ini, Bjornsdottir, peneliti, dan rekan penulisnya, profesor psikologi Nicholas O. Rule, memilih 80 foto hitam putih pria dan 80 wanita. Tak satu pun subjek memiliki tindikan atau tato dan menampilkan ekspresi netral dalam foto.

Dari 80 foto tersebut, separuhnya adalah foto individu kelas atas, dan separuh lainnya adalah foto individu kelas pekerja. Foto-foto tersebut kemudian diperlihatkan kepada subjek penelitian yang diminta menebak mana yang termasuk kelas sosial atas dan mana yang termasuk kelas pekerja.

 

BACA JUGA:10 Kebiasaan Ini Bisa Membuat Cepat Kaya Raya, Lakukan Mulai Sekarang

 

Hasil penelitian menunjukkan 68% jawaban subjek penelitian benar. Menariknya, subjek penelitian tidak dapat menjelaskan bagaimana mereka sampai pada kesimpulan tersebut.

Selanjutnya peneliti melakukan penelitian lebih lanjut dan menemukan bahwa subjek penelitian masih bisa membuat tebakan akurat hanya dengan melihat mata dan mulutnya.

Rule menjelaskan bahwa wajah kita secara permanen mengungkapkan pengalaman kita dari waktu ke waktu, bahkan ketika kita berpikir kita tidak berekspresi. Kontraksi otot-otot wajah tertentu menyebabkan perubahan struktural yang terlihat pada wajah, yang dapat dilihat oleh orang lain.

Individu yang lebih kaya cenderung lebih bahagia dan mengalami lebih sedikit kecemasan dibandingkan mereka yang berlatar belakang kelas pekerja.

 

Kalian termasuk wajah yang terlihat miskin atau kaya?

 

Sumber: