Studi: Semakin Mahal Biaya Pernikahan Semakin Tinggi Kemungkinan Akan Bercerai, Kenapa Begitu?

Studi: Semakin Mahal Biaya Pernikahan Semakin Tinggi Kemungkinan Akan Bercerai, Kenapa Begitu?

Studi Semakin Mahal Biaya Pernikahan Semakin Tinggi Kemungkinan Akan Bercerai, Kenapa Begitu-Semakin Mahal Biaya Pernikahan Semakin Tinggi Kemungkinan Akan Bercerai-Ilustrasi Freepik

RADAR JABAR - Penelitian ini dilakukan oleh dua profesor ekonomi dari Universitas Emory, yaitu Prof. Hugo M. Mialon dan Andrew M. Francis. Mereka menemukan bahwa terdapat hubungan antara harga cincin pertunangan yang terjangkau dan tingkat perceraian yang rendah.

Prof. Hugo menyatakan bahwa pasangan yang memilih untuk melangsungkan pernikahan dengan biaya yang terjangkau mungkin merupakan pasangan yang cocok satu sama lain.

"Mungkin juga dengan mengadakan resepsi pernikahan yang ekonomis, pasangan tidak terbebani oleh biaya tinggi yang dapat mengganggu hubungan pernikahan mereka," ujarnya.

Penelitian ini didasarkan pada survei yang melibatkan 3.151 orang dewasa di Amerika Serikat yang sudah menikah atau pernah menikah. Para peneliti meyakini bahwa penelitian mereka merupakan yang pertama kali menguji teori tentang hubungan antara biaya pernikahan dan lamanya pernikahan.

Secara khusus, penelitian ini menemukan bahwa wanita yang mengeluarkan lebih dari 20.000 dolar Amerika (sekitar 200 juta rupiah) untuk pernikahannya memiliki tingkat perceraian 1,6 kali lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang mengeluarkan 5000-10.000 dolar Amerika (50-100 juta rupiah).

Sementara itu, pasangan yang menghabiskan sekitar 1000 dolar (10 juta rupiah) atau kurang memiliki tingkat perceraian di bawah rata-rata.

 

BACA JUGA:7 Rekomendasi Kado Pernikahan Istimewa Untuk Orang Tersayang

 

Pernikahan adalah momen sakral yang mempersatukan dua jiwa yang saling mencintai. Namun, ketika datang ke perencanaan pernikahan, banyak pasangan dihadapkan pada pilihan antara pernikahan sederhana dan megah.

Keduanya memiliki daya tariknya sendiri, dan keputusan tersebut sering mencerminkan nilai, gaya hidup, dan anggaran masing-masing pasangan. Mari kita telaah perbedaan antara pernikahan sederhana dan megah.

Pernikahan sederhana maupun megah keduanya memiliki keindahan dan keunikan masing-masing. Pilihan antara keduanya sangat tergantung pada nilai, keinginan, dan anggaran pasangan. Yang terpenting, setiap pernikahan, baik sederhana maupun megah, memiliki esensi yang sama: menyatukan dua hati yang saling mencintai.

Sehingga, tidak peduli seberapa besar atau kecil pernikahan itu, yang terpenting adalah kebahagiaan dan ikatan yang terjalin antara pasangan tersebut.

Sumber: