10 Manfaat Strawberry Untuk Tubuh, Kaya Akan Nutrisi dari Rasanya yang Lezat

10 Manfaat Strawberry Untuk Tubuh, Kaya Akan Nutrisi dari Rasanya yang Lezat

10 Manfaat Strawberry Untuk Tubuh, Kaya Akan Nutrisi dari Rasanya yang Lezat-Ilustrasi Buah Strawberry-Freepik/fabrikasimf

RADAR JABAR - Strawberry dikenal dengan buah mungil yang berwarna merah dengan rasanya yang asam manis yang menggugah selera. Dibalik rasanya yang lezat dan menggugah selera, Strawberry juga ternyata memiliki sejuta manfaat yang luar biasa bagi tubuh.

Buah ini memiliki kandungan nutrisi vitamin yang lengkap serta kaya akan antioksidan yang baik bagi tubuh. Seringkali buah strawberry dijadikan sebagai hidangan penutup atau berbagai macam camilan yang sehat.

Berikut Manfaat Penting Buah Strawberry

1. Kaya Akan Antioksidan

Strawberry mengandung beragam antioksidan seperti vitamin C, anthocyanin, quercetin, dan ellagic acid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat berkontribusi pada penuaan dini dan risiko penyakit kronis.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan anthocyanin dalam strawberry telah terhubung dengan penurunan risiko penyakit jantung. Anthocyanin dapat membantu mengurangi tekanan darah, meningkatkan kesehatan pembuluh darah, dan mengurangi peradangan.

BACA JUGA:Tips Menanam Strawberry di Rumah, Manis dan Segar dari Kebun Sendiri!

3. Membantu Pengaturan Gula Darah

Serat alami dalam strawberry membantu memperlambat penyerapan gula dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi dalam strawberry dapat mendukung kesehatan otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi rutin buah-buahan seperti strawberry dapat membantu menjaga fungsi kognitif yang baik seiring pertambahan usia.

5. Mendukung Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin C yang tinggi dalam strawberry memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Ini membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

BACA JUGA:Ilmuwan Temukan Manfaat Konsumsi 2 Stoberi Setiap Hari untuk Kesehatan

6. Menyediakan Serat yang Penting

Strawberry adalah sumber serat alami yang baik, yang mendukung pencernaan sehat dan membantu menjaga berat badan yang seimbang. Serat juga dapat membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama.

7. Kandungan Anti-Inflamasi

Senyawa seperti quercetin dan kaempferol dalam strawberry memiliki sifat anti-inflamasi. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang dapat berkontribusi pada berbagai masalah kesehatan.

8. Kesehatan Kulit yang Lebih Baik

Kandungan vitamin C dan asam ellagic dalam strawberry membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya. Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen, yang penting untuk kesehatan kulit.

BACA JUGA:7 Rekomendasi Buah untuk Membantu Menurunkan Gula Darah di Tubuh

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Zat-zat seperti vitamin C, vitamin A, dan zat warna alami dalam strawberry dapat mendukung kesehatan mata. Mereka dapat membantu mengurangi risiko degenerasi makula dan penyakit mata lainnya.

10. Menyediakan Nutrisi Rendah Kalori

Sumber: