Gempa Banten Terasa dari Jakarta sampai Bandung, Berpotensi Tsunami dan Gempa Susulan?

Gempa Banten Terasa dari Jakarta sampai Bandung, Berpotensi Tsunami dan Gempa Susulan?

BMKG laporkan kempa Banten-BMKG-

RADAR JABAR - Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,7 melanda daerah Muarabinuangeun, Banten, pada hari Kamis 17 Agustus 2023, tepatnya jam 11.28:48 WIB.

Menurut data yang diperoleh dari BMKG, episentrum gempa terletak di laut sekitar 96 kilometer arah Barat Daya Muarabinuangeun, dengan kedalaman 60 kilometer.

“Info Gempa Mag:5.7, 17-Ags-23 11:28:48 WIB, Lok:7.62 LS,105.51 BT, Kedlmn:60 km,” demikian keterangan BMKG.

BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, dan penduduk diimbau untuk tetap menjaga ketenangan.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: BMKG Laporkan Gempa di Banten, Terasa Sampai Jakarta dan Bandung

Tidak hanya di Sukabumi, guncangan gempa juga dirasakan di beberapa wilayah lain seperti Bandung, Cikembar, Bogor, Depok, Cianjur, dan bahkan Jakarta.

Sampai berita ini terbit, belum ada laporan mengenai gempa susulan atau kerusakan akibat gempa di Kota Sukabumi.

Namun berbagai unggahan warganet membanjiri media sosial, penduduk sekitar pusat gempa pun ramai-ramai melaporkan kondisi saat ini.

“Kan bener gempa, gue lagi mandi pas jongkok goyang, tapi gue mikirnya kaya gue aja yg pusing, soalnya seisi rumah ga ada yg panik buat nyuruh gue berhenti mandi,” tulis seorang netizen.

“Ngumpul keluarga di Sukabumi, gue bilang gini ‘anjr gempa' terus di jawab sm emak gue 'dimana' terus gue jawab 'di bogor' terus di jawab ate gue 'ning gak kerasa, kurang kenceng ah' BLEGUG,” tulis netizen lain.

“Ternyata bener. Berasa yg goyang kursinya. Auto check air di botol di gelas atau benda yang menggantung; beneran kelihatan bergetar/ goyang,” tulis yang lain.

Sumber: