Review Xiaomi Mix Fold 3 Ponsel Lipat Tertipis, Bandingkan dengan Spesifikasi Samsung Galaxy Fold 5

Review Xiaomi Mix Fold 3 Ponsel Lipat Tertipis, Bandingkan dengan Spesifikasi Samsung Galaxy Fold 5

Spesifikasi Xiaomi Mix Fold 3-RJ-

Gboard juga tidak memberikan opsi untuk keyboard terpisah, meskipun dalam kasus ponsel internasional seperti Honor Magic, Gboard memungkinkan keyboard terpisah.

Namun, ini tidak berlaku untuk ponsel Cina seperti Oppo Fine atau Mi Mix 2 dan 3, di mana Gboard tidak mendukung pemisahan keyboard. Kondisi ini sangat disayangkan, terutama ketika mengetik di layar lebar 8 inci, kita berharap untuk memiliki keyboard terpisah.

Kurangnya pengoptimalan yang ada dalam Mi Mix 2 masih menunjukkan dampaknya pada model ini. Ketika kami menilai Xiaomi Mi 5, kami menyatakan bahwa meskipun perangkat kerasnya sangat baik, perangkat lunaknya belum sepenuhnya mengesankan.

Perbedaan ini jelas terlihat dalam pengoptimalan aplikasi, seperti YouTube yang memungkinkan tampilan horizontal dan vertikal dengan baik, serta kemampuan aplikasi lainnya untuk beradaptasi dengan rasio aspek yang sesuai.

Fitur Tambahan

Keyboard juga dapat terbagi saat dibutuhkan. Jika Anda adalah pengguna yang memperhatikan perangkat lunak, Mi 5 menunjukkan pengoptimalan yang lebih baik, meskipun Mi Mix 3 memiliki beberapa perbaikan.

Kami masih ingin memberikan Xiaomi lebih banyak waktu untuk memperbaiki perangkat lunak ini. Jika ponsel ini dirilis secara global, kami berharap UI versi global akan lebih dioptimalkan untuk aplikasi Google.

Lensa Zoom

Pada Mix Fold 3, kualitas lensa zoom jauh lebih baik, terutama saat memperbesar gambar lebih dari 3x. Kami juga membandingkannya dengan Xiaomi 13 Ultra. Tentu saja, kamera Mix Fold 3 tidak bisa bersaing dengan kamera Xiaomi 13 Ultra, tetapi yang penting adalah sejauh mana Mix Fold 3 bisa mendekati kualitas kamera ponsel terbaik Xiaomi.

Dengan senang hati kami laporkan bahwa dalam hal lensa zoom, Mix Fold 3 memiliki kinerja yang sangat baik, mengikuti jejak Xiaomi 13 Ultra. Namun, dalam kamera utama, kami merasa kurang puas dengan hasil dari sensor yang tidak setinggi Sony IMX 99.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, saat ini Mix Fold 3 masih terlalu cenderung untuk menghasilkan foto yang terlalu terang pada kamera utama. Selain itu, kedalaman bidang dan detailnya juga kurang memuaskan dibandingkan dengan bagian dari Xiaomi 13 Ultra.

Xiaomi Mix Fold 3 vs Samsung Galaxy Fold 5

Namun, pertanyaan yang lebih menarik mungkin adalah bagaimana Xiaomi Mix Fold 3 berbanding dengan Galaxy Z Fold 5. Sejauh ini, dalam pengalaman kami, kamera utama Galaxy Z Fold 5 lebih baik dalam hal penanganan pencahayaan daripada Mix Fold 3.

Namun, dalam hal lensa zoom, Mix Fold 3 menawarkan hasil yang lebih memuaskan. Khususnya, pada foto zoom 10 kali, Mix Fold 3 menghasilkan gambar dengan kedalaman bidang yang lebih baik daripada Z Fold 5.

Pada gambar full 5x zoom, meskipun perbedaannya tidak terlalu signifikan, Mix Fold 3 masih menunjukkan bidang yang sedikit lebih baik daripada Z Fold 5. Dengan perbandingan ini, kedua ponsel terlihat sebanding saat diperbesar, dan Anda dapat melihat bagaimana kedalaman gambar lebih tepat pada Mix Fold 3, terutama pada objek seperti bola dunia.

Selanjutnya, jika kami melihat video yang diambil dengan kedua ponsel ini berdampingan, Mix Fold 3 dan Galaxy Z Fold 5, kami dapat melihat perbedaan yang lebih jelas. Pada perekaman video menggunakan zoom telepon 3x, kemampuan pemisahan subjek pada kedua ponsel ini terlihat cukup baik.

Namun, terdapat perbedaan yang lebih jelas di Xiaomi. Anda dapat melihat perbedaan antara patung kaki telanjang dan bangunan di belakangnya. Efek paralaks terlihat saat kami bergerak, dan pemisahan gambar agak terganggu saat kami melangkah lebih jauh.

Ketika kami beralih ke zoom 6x pada Mi 5 dan Xiaomi, kami melihat efek yang serupa. Detail sedikit lebih baik pada Xiaomi, dan ada sedikit pemisahan antara patung dan latar belakang di belakangnya.

Sumber: