Review Lengkap: Spesifikasi Advan Workplus Laptop RAM 16GB Harga Cuma Rp6 Jutaan

Review Lengkap: Spesifikasi Advan Workplus Laptop RAM 16GB Harga Cuma Rp6 Jutaan

Review Lengkap Advan Workplus-Ist-

Di sisi kanan terdapat slot card reader micro SD, satu port USB 3.2 Gen 1 dengan kecepatan 5 Gbps, dan jack audio combo 3,5 mm.

USB Konektor dan Keyboard

Konektor USB pada laptop ini juga sudah mendukung display output dengan protokol display port dan juga mendukung power delivery, artinya bisa digunakan untuk mengisi daya dari konektor USB tersebut.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Laptop Harga 3 Jutaan, Gahar Abis!

Keyboard di laptop ini menggunakan tombol chiclet dengan ukuran yang pas, bahkan untuk pengguna dengan jari-jari yang besar. Uniknya, tombol F1 hingga F12 memiliki warna abu-abu sehingga mudah dibedakan dengan tombol lainnya yang berwarna hitam.

Untuk kenyamanan dalam penggunaan, laptop ini cukup oke dengan tingkat travel distance yang lumayan dalam pada keyboard. Namun, sayangnya di sini tidak ada tombol Home, Page Up, dan Page Down yang biasanya digunakan untuk melakukan navigasi dengan cepat.

Untuk lampu backlight, laptop ini memiliki dua tingkat kecerahan yang dapat diatur dengan tombol fungsi (Fn) dan tombol F9.

Touchpadnya berada di tengah-tengah dan memanjang dari tombol Alt kiri hingga Ctrl kanan. Dengan posisi seperti ini, telapak tangan masih bisa masuk ke area touchpad. Untungnya, saat kami mencoba, kursor mouse tidak bergerak meskipun terkena sentuhan dari telapak tangan.

Sepertinya laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur palm rejection di touchpadnya. Untuk keamanan, laptop dengan harga 6,9 juta ini ternyata memiliki sistem keamanan biometrik berupa pengenalan sidik jari, yang sensornya diletakkan di area touchpad. Penggunaannya pun ternyata cukup lancar.

Untuk sistem pendingin (cooling system), laptop ini menggunakan tiga buah heatpipe dan 2 buah kipas untuk ventilasi pembuangan panas ke arah belakang menuju engsel layar.

Pengujian Baterai Advan Workplus

Sekarang kita akan masuk ke pengujian baterai. Kami mengatur layar sejauh mungkin dengan tingkat kecerahan 150 dan mode Balance dengan volume 25% untuk pemutaran video lokal 1080p. Hasilnya, laptop ini dapat bertahan selama 13 jam, lebih tepatnya 12 jam 57 menit.

Hasil ini luar biasa karena sangat irit baterai. Padahal, prosesornya menggunakan daya 45 watt, yang jauh lebih tinggi dari ekspektasi kami untuk laptop dengan harga 6 jutaan. Biasanya, ekspektasi kami adalah daya tahan baterai sekitar 6 hingga 8 jam. Namun, laptop ini dapat bertahan hingga sekitar 13 jam, hasil yang luar biasa.

Untuk pengisian daya, dalam 30 menit pertama, baterai terisi hingga 29%, sedangkan dalam waktu 2 jam baterai terisi hingga 92%. Namun, untuk mengisi baterai hingga penuh 100%, dibutuhkan waktu sekitar 2 jam 57 menit, hampir mencapai 3 jam.

Ini cukup disayangkan karena laptop ini menggunakan charger 100 watt dan memiliki ukuran baterai yang tidak terlalu besar, namun waktu pengisian baterai tidak terlalu cepat. Meskipun demikian, waktu pengisian baterai selama 3 jam masih dapat ditoleransi, terutama mengingat daya tahan baterainya yang luar biasa.

Harga Advan Workplus

Harga laptop ini telah dibahas sejak awal, yaitu dengan harga resmi 6.999.000 rupiah dan mendapatkan garansi 1 tahun dari Advan Indonesia. Untuk hal-hal yang perlu diperhatikan, pertama, RAM pada laptop ini tidak dapat di-upgrade karena kapasitasnya sudah langsung 16GB dual-channel LPDDR5 6400.

Sumber: