Review Lengkap: Spesifikasi Advan Workplus Laptop RAM 16GB Harga Cuma Rp6 Jutaan

Review Lengkap: Spesifikasi Advan Workplus Laptop RAM 16GB Harga Cuma Rp6 Jutaan

Review Lengkap Advan Workplus-Ist-

RADAR JABARAdvan Workplus sebagai laptop brand lokal yang satu ini harganya terlalu murah untuk spesifikasi canggihnya. Harganya hanya di kisaran Rp6,9 juta rupiah, tapi jika melihat untuk spesifikasinya membuat kami sangat terkejut.

Bagaimana ya, biasanya laptop dengan spek seperti ini harganya bisa mencapai belasan juta rupiah, tetapi Advan Work Plus cuma Rp6,9 juta saja. Meskipun harganya sekitar 6 jutaan rupiah, Advan Work Plus memiliki penampilan yang elegan seperti laptop-laptop lainnya yang mungkin harganya mencapai belasan juta rupiah.

Desainnya juga dibuat low-profile tanpa menggunakan bentuk atau ornamen yang aneh-aneh. Dengan penampilannya yang seperti ini, laptop ini bisa dipakai untuk kerja di kantor atau dibawa ke pertemuan tanpa merasa malu.

Laptop ini juga mampu memainkan game kompetitif dan triple-A dengan lancar, tetapi tentunya setting grafisnya harus disesuaikan sesuai kebutuhan. GPU Integrated Graphics Processor (IGP) pada laptop ini juga mendukung video AV1 dan suhu laptop tetap dalam batas yang aman.

Review Lengkap Spesifikasi Laptop Advan Workplus

Kami akan kupas tuntas review spesifikasi laptop brand lokal Advan Workplus yang tidak bisa diragukan lagi mengenai kecangguhannya. Ini menjadi pilihan bagi yang mencari laptop canggih dengan harga murah.

Dapur Pacu

Prosesornya menggunakan AMD Ryzen 6000H series, bukan H series, yang biasanya digunakan di laptop gaming. RAM-nya langsung 16GB DDR5 6400, bukan 4000an 6.400 MHz, dan langsung 2 channel. Storage-nya setengah terabyte dan masih bisa ditambah lagi dengan SSD yang kedua. Layarnya IPS dan sudah mendukung AMD freezing, yang tentu tidak salah pasang harganya.

BACA JUGA:Axioo Pongo 960 dan Pongo 760 Laptop Gaming Premium Harga Murah dengan Spek Gahar! Mulai Rp15 Jutaan

Spesifikasi utamanya adalah menggunakan prosesor AMD Ryzen 5 6600H dengan slot name Rembran CPU dan arsitektur Zen3 Plus, yang fabrikasinya 6 nanometer. Prosesor ini memiliki konfigurasi 6 inti dan 12 utas (threads) dengan L3 cache sebesar 16MB.

Sebagai perbandingan, laptop-laptop AMD di kelas harga Rp7 jutaan biasanya masih menggunakan prosesor Ryzen 7020U atau Ryzen 5000 U series, yang semuanya masih pada seri U dan tidak ada yang menggunakan Zen3 Plus seperti Advan Workplus.

Dukungan Grafis dan RAM Advan Workplus

Untuk bagian grafis terintegrasi, laptop ini menggunakan AMD Radeon 660M dengan arsitektur GPU RDNA 2, yang sudah mendukung Red Racing dan video AV1. Grafis ini dilengkapi dengan 6 unit konfigurasi dan 384 stream processor. Kapasitas VRAMnya adalah 512 MB, namun sayangnya ukuran ini tidak bisa diubah.

Selanjutnya, untuk RAM bawaan, laptop ini dilengkapi dengan 16GB LPDDR5-6400 dual channel 128 bit. Kecepatan RAM ini adalah yang paling tinggi yang didukung oleh prosesor tersebut, tentunya karena memang menggunakan LPDDR5.

RAM ini bersifat onboard, artinya tidak bisa di-upgrade, namun untungnya kecepatannya cukup tinggi. Laptop ini juga menyediakan storage 512GB SSD M.2 NVMe PCIe Gen 3 x4, menariknya ada slot M.2 tambahan sehingga kapasitas penyimpanan bisa ditambah tanpa mengganggu kapasitas utama.

Kualitas konektivitasnya menggunakan modul MediaTek yang sudah mendukung Wi-Fi 6i dan Bluetooth versi 5.2. Kapasitas baterainya 58 watt power dan sistem operasinya adalah Windows 11.

Material Bodi dan Ukuran Laptop

Sumber: