FIFA Tak Mungkin Nilai JIS dari Unsur Politis Dalam Pemilihan Venue Piala Dunia U-17….Kata Erick Thohir

FIFA Tak Mungkin Nilai JIS dari Unsur Politis Dalam Pemilihan Venue Piala Dunia U-17….Kata Erick Thohir

FIFA Tak Mungkin Nilai JIS dari Unsur Politis Dalam Pemiliahn Venue Piala Dunia U-17….Kata Erick Thohir-Erick Thohir Respons Soal Jakarta International Stadium (JIS) Jadi Calone Venu Piala Dunia U-17-ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Radar Jabar – Ketua PSSI, Erick Thohir, menegaskan bahwa FIFA tidak mungkin menilai Jakarta International Stadium (JIS) dari faktor politis perihal pemilihan stadion Piala Dunia U-17.

 

Erick menyebut organisasi sepakbola tingkat dunia itu bakal menentukan stadion berdasarkan aspek yang berkaitan langsung dengan penyeleggaraan. Sebut saja fasilitas dan kualitas lapangan, sehingga menurutnya persoalan politik bukan termasuk kriteria dari FIFA.

 

“Saya yakin tidak mungkin FIFA bilang standarnya tidak masuk karena sesuatu hal yang politis, tidak. Tetapi memang standarnya yang harus diselaraskan, itu yang kita lakukan,” ujar Erick Thohir di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/6) dikutip dari cnnindonesia.com.

 

BACA JUGA:Kata Erick Thohir Soal Target Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-17 2023

 

Pernyataan Erick tersebut merespons usulan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) perihal peluang JIS sebagai salah satu venue penyelenggaraan Piala Dunia U-17 penghujung tahun ini. Sebagaimana diketahui, FIFA dalam sidang FIFA Council di Swiss pada Jumat (23/6) menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 menggantikan Peru.

 

Sosok yang juga Menteri BUMN itu mengaku akan mempertimbangkan semua usulan termasuk mengenai stadion pertandingan.

 

“Saya sangat terbuka arahan bapak presiden untuk melihat juga beberapa stadion yang memang standarisasinya sudah bisa, itu yang saya sampaikan kepada bapak presiden,” jelas Erick.

 

“Tentu FIFA akan meninjau ulang karena jangan sampai nanti stadion yang kita usulkan tentu tidak sesuai dengan standarisasi, termasuk tadi stadion JIS pasti akan kita cek,” tambah dia.

 

BACA JUGA:Bentrok Jadwal Konser Coldplay dan Piala Dunia U-17 di GBK, Erick Thohir: Jangan Kita Sentral Ego

 

Total ada dua kota kata Erick Thohir sebagai rencana awal untuk diusulkan menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023. Adapun yang menjadi tolak ukurnya ialah pertandingan FIFA Matchday Juni 2023 saat Timnas Indonesia menghadapi Timnas Palestina serta Timnas Argentina.

 

“Tentu beberapa kota yang kemarin sudah di-review oleh FIFA sudah pasti Jakarta, Jawa Timur. Kenapa, kemarin kan kita sudah juga uji coba tim nasional di dalam paying FIFA Matchday ada di Jawa Timur dengan Palestina, di Jakarta dengan Argentina.” Pungkas sang mantan pemilik Inter Milan.

 

Melansir dari Liputan6.com, Indonesia akan menyelenggarakan Piala Dunia U-17 2023 mulai 10 November 2023 hingga 2 Desember 2023. Sebanyak 24 negara bakal berpartisipasi dalam Piala Dunia U-17 edisi ke-19 ini.

 

Sumber: berbagai sumber.

Sumber: