5 Deretan Koin Kuno Termahal di Dunia Harganya Setara 50 Mobil Lamborgini Mewah!

5 Deretan Koin Kuno Termahal di Dunia Harganya Setara 50 Mobil Lamborgini Mewah!

5 Deretan Koin Kuno Termahal di Dunia Harganya Setara 50 Mobil Lamborgini Mewah!-Koin Kuno-(Sumber Gambar : Tangkapan Layar E-Comerce)

Radar Jabar - Koin Kuno termahal di dunia ini ternyata memiliki harga selangit dan bernilai hingga miliaran rupiah. Salah satu perjalanan sejarahnya membuat koin kuno ini bernilai dan berharga tinggi.

Selain itu, Koin Kuno termahal di dunia ini memiliki bidang koleksi yang menarik minat banyak orang dan juga para kolektor. Koin-koin kuno dapat memiliki nilai sejarah, keindahan seni, dan nilai material yang tinggi.

Berikut Contoh Koin Kuno Termahal di Dunia yang Memiliki Harga Tinggi: 

1.Koin Flowing Hair Dollar tahun 1794

Koin ini adalah koin dolar perak AS pertama yang pernah dicetak. Karena kelangkaannya dan nilai sejarahnya yang tinggi, satu salinan koin ini terjual seharga lebih dari 10 juta dolar AS dalam lelang.

Flowing Hair Silver/ Copper Dollar merupakan uang urutan pertama yang paling banyak dicari oleh kolektor dunia.

Uang ini diyakini koin perak pertama kali dicetak oleh pemerintah federal AS pada 1794. Uang emisi pada 1794 ini menjadi buruan kolektor dengan dihargai sebesar US$10 juta atau setara dengan Rp142,6 miliar.

2.Koin Double Eagle Saint Gaudens tahun 1933

Koin emas ini dirancang oleh seniman Augustus Saint-Gaudens dan diproduksi pada masa Depresi Besar di Amerika Serikat.

Meskipun sejumlah koin dicetak, kebanyakan dihancurkan oleh pemerintah. Satu salinan yang bertahan dianggap ilegal dimiliki secara pribadi, dan dalam lelang 2002, koin ini terjual dengan harga sekitar 7,6 juta dolar AS.

Koin elang ganda merupakan koin emas utama yang digunakan dalam perdagangan internasional hingga tahun 1933 dan koin elang ganda emisi tahun 1933 adalah koin elang ganda paling berharga di Amerika Serikat.

Satu-satunya contoh koin elang ganda yang diketahui saat ini berada ditangan swasta yang menjualnya seharga $ 7.590.020 pada tahun 2002.

 

BACA JUGA:5 Deretan Koin Kuno Termahal di Indonesia Ini Incaran Kolektor Loh, Bisa Buat Pergi Ke Tanah Suci? Amin!

 

3.Koin Edward III Florin tahun 1343

Koin ini merupakan koin langka dari era Abad Pertengahan. Hanya tiga salinan yang diketahui masih ada, dan koin ini menjadi salah satu koin paling mahal di dunia.

Pada tahun 2006, salah satu salinannya terjual seharga lebih dari 6,8 juta dolar AS. Ternyata, uang koin kuno ini merupakan uang koin tertua. Sehingga harganya pun mencapai US$6,8 juta atau setara dengan Rp96,9 miliar. 

4.Koin Brasher Doubloon tahun 1787

Koin emas ini dicetak oleh Ephraim Brasher, seorang perhias emas dan tembaga dari Amerika Serikat. Koin ini dianggap sebagai salah satu koin klasik paling penting di Amerika Serikat.

Sumber: