Intip Pesona Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Indah Memukau di Cimahi: Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Intip Pesona Curug Tilu Leuwi Opat, Curug Indah Memukau di Cimahi: Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Curug Tilu Leuwi Opat--pinhome.id

Radar Jabar - Wisata Curug atau air terjun di kota Cimahi memang banyak kita jumpai. Salah satunya adalah Curug Tilu Leuwi Opat. Curug merupakan Bahasa sunda, yang bila diartikan kedalam Bahasa Indonesia artinya air terjun. Curug Tilu Leuwi Opat ini merupakan perpaduan dari beberapa objek berupa curug (air terjun), leuwi (sungai), goa, dan hutan alami yang memiliki luas lebih dari 5 hektar.

Seluruh objek wisata tersebut tentunya bisa kita nikmati apabila kita berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat ini. Suasana alam yang sangat asri menjadikan tempat wisata di Cimahi yang satu ini selalu menjadi destinasi wisata favorit bagi warga Cimahi yang ingin berlibur menikmati keindahan alam.

Tentu tempat wisata ini tidak hanya untuk masyarakat Cimahi saja, banyak para wisatawan luar kota yang berkunjung ke Curug Tilu Leuwi Opat ini.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Curug yang Ada di Bandung, Wajib Kamu Datengin!

Nama lain dari Curug Tilu Leuwi Opat ini adalah Curug Tilu Parompong atau Curug Tilu Ciwidey. Jangan bingung karena semua nama tersebut merujuk pada satu tempat yang sama.

Curug Tilu Lewui Opat memiliki arti Curug (air terjun) Tilu (tiga) Leuwi (Sungai) Opat (empat) seperti itulah kira-kira jika nama curug ini diartikan secara harfiah.

Nama tersebut diberikan karena curug ini memang memiliki air terjun yang terpecah menjadi tiga aliran. Tiap-tiap aliran memiliki tinggi yang terlihat bertingkat-tingkat sehingga membentuk sebuah pemandangan yang sangat indah.

Di wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini tidak hanya terdapat satu Curug saja, ada berbagai Curug yang lainnya diantaranya Curug Citulang Curug ini adalah curug dengan aliran air yang paling tinggi.

Curug berikutnya adalah Curug Aseupan. Curug ini berada pada ketinggian diantara dua buah ngarai yang ada di kawasan wisata alami curug tilu. Curug ini dinamakan Curug Aseupan karena membentuk Aseupan (kukusan tradisional Sunda yang bentuknya menyerupai kerucut) sehingga dinamakan seperti itu.

Dan curug yang terakhir ada Curug Cilaki. Curug ini merupakan curug yang paling kecil diantara ketiga curug lainnya.

Dikawasan curug pastinya terdapat aliran Leuwi (sungai). Aliran sungai yang terdapat di Curug Tilu Leuwi Opat salah satunya adalah Leuwi Bagong, Leuwi ini memiliki Curug kedalaman yang sedang.

BACA JUGA:5 Keunikan Curug pelangi Cimahi yang Memikat Hati, Spot Fotografi yang Memukau dan Instagramable!

Leuwi yang kedua adalah Leuwi Kacapi, Sungai ini biasannya digunakan para pengunjung sebagai tempat piknik dan berfoto. Pemandangan sungainya yang cukup indah membuat sungai ini jadi salah satu spot favorit bagi para pengunjung yang datang.

Selanjutnya ada Leuwi Baeud. Leuwi atau Sungai ini adalah sungai yang paling dalam, kedalamannya mencapai 20 meter. Para pengunjung dilarang untuk berenang di tempat ini.

Dan yang terakhir yaitu ada Leuwi Geuntong. Leuwi Geuntong atau Leuwi Gentong adalah sungai yang paling dangkal. Kedalamannya hanya satu sampai dua meter dan airnya juga sangat jernih. Di sungai ini para pengunjung bisa berenang atau bersantai di pinggir sungai sambil menikmati pemandangan alam.

Untuk memasuki tempat wisata ini cukup mengelurakan uang sebesar Rp. 10.000. Curug Tilu Leuwi Opat ini terletak di daerah Ciwangun Parongpong, Kabupaten Bandung. Alamat lengkapnya ada di Jl. Ciwangun Indah Cam, Cihanjuang Rahayu, Parongpong, Kab. Bandung.

Sumber: