Ada 134 Kejadian Kebakaran di Bandung Sepanjang Tahun Ini

Ada 134 Kejadian Kebakaran di Bandung Sepanjang Tahun Ini

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana.--

BANDUNG - Dimulai dari masalah korsleting listrik, api pembakaran daun-daun kering, sampai bekas puntung rokok yang menyala, merupakan diantara penyebab terjadinya kebakaran di Kota Bandung.

Berdasarkan catatan Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, terdapat sebanyak 134 kejadian kebakaran yang terjadi, pada rentang Januari sampai September 2022.

Kepala Diskar PB Kota Bandung, Gun Gun Sumaryana menyebut, pencegahan dini dari unsur masyarakat di tataran rumah tangga, sejauh ini masih belum terlaksana secara maksimal.

"Sebetulnya (pencegahan dini, red) sudah terjadi. Tapi belum dimassifkan," ungkap Gun Gun saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, Jumat (30/9).

Termasuk, katanya, mesti ada kolaborasi antara kedua belah pihak, yakni antara Diskar PB dan masyarakat Bandung. Baik dari sisi informasi soal pencegahan dini, maupun terkait bahaya kebakaran.

"Bahkan, bagaimana (caranya) kita lebih meningkatkan kolaborasi ini. Dan bergeser, tidak hanya penanganan tapi bagaimana supaya kebakaran tidak terjadi," imbuhnya.

"Tidak bisa dipungkiri pasti panik. Tetapi (bisa teratasi) barangkali dengan sosialisasi masif yang terinformasikan," tegas Gun Gun.

Dia menuturkan, diantaranya bisa dengan digencarkan sosialisasi dapur aman kebakaran. Seperti harus tersedianya springkel atau alat pemadam api, serta ventilasi bawah ketika ada kebocoran LPG, meminimalisasi kebakaran.

"Sudah dilaksanakan, kita massifkan seluruh komponen yang berkaitan OPD kami juga malah melakukan edukasi ke pelajar, baik kami yang mengunjungi taman kanak-kanak," pungkasnya. (zar)

 

Sumber: