Lahan Kritis Teratasi, Masyarakat Terberdayakan

Lahan Kritis Teratasi, Masyarakat Terberdayakan

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum (kiri), Plt. Dinas Kehutanan Jawa Barat Dodit Ardian Pancapana, Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH), Dyah Murtiningsih saat kick off rehabilitasi das dan peresmian p--

"Kami sedang membangun ‘Jabar Ngabret’ tetapi tetap berwawasan lingkungan. Jangan sampai pembangunan hebat tetapi lingkungan rusak. Maka dari itu kita harus jaga dan rawat," kata Wagub Uu.

Panglima Santri Jabar ini pun mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan. Dengan cara tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang hutan, memelihara sumber mata air.

"Tolong tanam pohon di mana saja. Jika tidak sama kita, oleh siapa lagi. Kalau tidak, sekarang, kapan lagi. Jawa Barat sudah jelas polusinya meningkat," tegasnya.

Terakhir, ia pun meminta kepada pihak swasta untuk ikut berkontribusi dalam menjaga lingkungan di Jabar. Karena, jika hanya mengandalkan anggaran dari APBD saja terbatas.

"Peduli para swasta terhadap lingkungan hidup mohon ditingkatkan. Karena memang kalau mengandalkan anggaran kami terbatas. Masih banyak yang dibutuhkan untuk pembangunan selain masalah lingkungan. Tapi kalau dibantu oleh swasta akan membanggakan," katanya.

"Saya minta masyarakat yang investasi, dan menanamkan uangnya di Jabar dan mendapatkan penghasilan di Jabar tolong peduli terhadap lingkungan di Jabar," pintanya sembari mengakhiri wawancara.

Ditempat yang sama, Direktur Jenderal Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan (PDASRH), Dyah Murtiningsih mengapresiasi langkah Pemprov Jabar dalam menggalakan penanaman pohon dan rehabilitasi di lahan kritis.

 

"Saya kira ini menjadi hal yang positif dan diharapkan bahwa kegiatan rehabilitasi lingkungan menjadi tanggungjawab bersama. Tidak hanya dari pemerintah, tetapi melibatkan semua unsur masyarakat, pemda, swasta dan seluruh pihak yang berkontribusi untuk melakukan kegiatan pemulihan ini," katanya.

Ia mengatakan, Pemda Jabar saat ini tengah menggegas pembangunan. Sehingga dirinya menitipkan untuk tetap memperhatikan lingkungan agar tetap terjaga.

"Pembangunan tetap berjalan dan lingkungan tetap terjaga. Sehingga kelestarian terhadap lingkungan menjadi penyeimbang kegiatan pembangunan di Jabar," tandasnya.*** (win)

Sumber: Jabar Ekspres