7 Makanan Kaya Zat Besi yang Penting untuk Kesehatan dan Diperlukan Tubuh

7 Makanan Kaya Zat Besi yang Penting untuk Kesehatan dan Diperlukan Tubuh

Makanan Kaya Zat Besi yang Penting untuk Kesehatan--(Sumber Gambar: Pixabay/ CharlVera)

Dalam 100 gram tiram, kamu bisa mendapatkan hingga 8 mg zat besi! Selain zat besi, makanan laut juga kaya akan protein dan asam lemak omega-3 yang baik buat kesehatan jantung.

4. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang polong, lentil, dan kedelai adalah sumber nabati yang kaya zat besi. Kacang lentil, misalnya, mengandung sekitar 3,3 mg zat besi per 100 gram.

Plus, kacang-kacangan juga tinggi serat dan protein, jadi baik untuk pencernaan dan menjaga energi tubuh.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Daging Kelinci yang Menyehatkan untuk Tubuh, Rendah Kolestrol dan Kaya Zat Besi

BACA JUGA:6 Manfaat Mengonsumsi Sayuran yang Mengandung Zat Besi untuk Kesehatan

 

5. Hati

Kalau kamu tidak masalah dengan rasa hati, daging hati seperti hati sapi atau ayam adalah sumber zat besi yang sangat tinggi.

Hati ayam bisa mengandung hingga 15,8 mg zat besi per 100 gram! Namun, hati juga tinggi kolesterol, jadi jangan terlalu sering mengonsumsinya ya, terutama kalau kamu punya masalah kolesterol.

6. Tahu dan Tempe

Buat kamu yang vegetarian atau vegan, tahu dan tempe bisa jadi pilihan tepat untuk menambah zat besi. Dalam 100 gram tahu, terdapat sekitar 3,5 mg zat besi. Produk kedelai ini nggak cuma enak, tapi juga sehat dan praktis untuk dimasak.

7. Biji-Bijian

Biji-bijian seperti biji labu dan quinoa juga kaya akan zat besi. Biji labu bisa memberikan sekitar 2,5 mg zat besi per ons. Selain itu, quinoa adalah pilihan biji-bijian yang juga tinggi protein, jadi sangat baik untuk menambah nutrisi harianmu.

Sumber: berbagai sumber