7 Makanan Kaya Zat Besi yang Penting untuk Kesehatan dan Diperlukan Tubuh

7 Makanan Kaya Zat Besi yang Penting untuk Kesehatan dan Diperlukan Tubuh

Makanan Kaya Zat Besi yang Penting untuk Kesehatan--(Sumber Gambar: Pixabay/ CharlVera)

RADAR JABAR - Zat besi adalah salah satu nutrisi penting yang diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan, terutama dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan Zat besi bisa menyebabkan anemia yang membuat kamu merasa lemas dan cepat lelah.

Jadi, penting banget nih buat memastikan asupan zat besi yang cukup. Nah, berikut beberapa makanan yang kaya akan zat besi dan bisa jadi pilihanmu sehari-hari!

Rekomendasi makanan Kaya Zat Besi yang Bisa Dicoba yang Bagus untuk Kesehatan 

1. Daging Merah

Daging merah seperti daging sapi dan kambing adalah sumber utama zat besi heme, jenis zat besi yang lebih mudah diserap tubuh.

Dalam 100 gram daging sapi tanpa lemak, kamu bisa mendapatkan sekitar 2,7 hingga 3 mg zat besi. Jadi, nggak salah kalau daging merah sering jadi andalan untuk menambah asupan zat besi.

 

BACA JUGA:Kaya Zat Besi dan Nutrisi! 7 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Anemia

BACA JUGA:8 Sayuran yang Kaya Zat Besi Sehat untuk Dikonsumsi

 

2. Sayuran Hijau

Buat kamu yang suka sayur, sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kale juga kaya zat besi nonheme. Bayam, misalnya, mengandung sekitar 5,7 mg zat besi per 100 gram.

Selain zat besi, sayuran hijau ini juga kaya serat dan nutrisi penting lainnya. Cocok banget buat kamu yang ingin tetap sehat dengan makanan yang alami.

3. Makanan Laut

Siapa di sini yang suka seafood? Ternyata, makanan laut seperti kerang dan tiram adalah sumber zat besi yang sangat baik, lho.

Sumber: berbagai sumber