BMKG Keluarkan Peringatan Hujan dan Angin Kencang di Beberapa Kota Besar Indonesia

BMKG Keluarkan Peringatan Hujan dan Angin Kencang di Beberapa Kota Besar Indonesia

Ilustrasi--Freepik

RADAR JABAR - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi hujan dari intensitas ringan hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang di berbagai kota besar Indonesia pada hari Sabtu (12/10).

Menurut prakirawan BMKG, Eva Septiani, zona konvergensi cuaca membentang di berbagai wilayah, seperti Laut Andaman, pesisir Sumatera Barat, Sumatera Utara, hingga Filipina, serta beberapa bagian dari Sulawesi dan Papua. Kondisi ini berpotensi memicu pertumbuhan awan hujan di daerah yang dilalui.

Keadaan tersebut dapat memperbesar peluang terbentuknya awan hujan di wilayah yang dilalui oleh konvergensi atau konfluensi.

Oleh karena itu, BMKG memprediksi beberapa kota besar berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang, seperti Tanjung Pinang, Padang, Pekanbaru, Palembang, Jambi, Bengkulu, Serang, Yogyakarta, Banjarmasin, Palangkaraya, Manado, dan Mamuju.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Bertolak ke Ibu Kota Nusantara, Resmikan Infrastruktur Pendukung

BACA JUGA:KemenPPPA Minta Peserta Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Tak Libatkan Anak dalam Kampanye

Sementara itu, kota-kota besar lain diperkirakan akan mengalami hujan ringan hingga sedang, di antaranya Medan, Banda Aceh, Pangkal Pinang, Lampung, Mataram, Denpasar, Tanjung Selor, Pontianak, Gorontalo, Palu, Makassar, Ternate, Nabire, Ambon, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke.

Selain itu, beberapa kota besar lainnya diprediksi hanya akan berawan pada hari ini, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Kupang, Samarinda, Manokwari, dan Sorong.

Untuk gelombang laut, BMKG memprediksi ketinggian gelombang di wilayah Indonesia berkisar antara 0,5 hingga 2,5 meter, dengan potensi gelombang hingga 4 meter di Samudra Hindia bagian barat. BMKG juga mengingatkan potensi banjir rob di pesisir utara Jawa Tengah.

Sumber: antara