Kemlu RI Pastikan Wapres Ma’ruf Amin Jadi Ketua Delegasi Indonesia di KTT ASEAN Laos

Kemlu RI Pastikan Wapres Ma’ruf Amin Jadi Ketua Delegasi Indonesia di KTT ASEAN Laos

Wapres Ma’ruf Amin Jadi Ketua Delegasi Indonesia di KTT ASEAN Laos --(Sumber Gambar : Antara)

RADAR JABAR - Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) telah memastikan bahwa Wakil Presiden Ma’ruf Amin akan memimpin Delegasi Indonesia dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-44 dan ke-45 yang akan berlangsung di Laos pekan depan. Sebagai Ketua Delegasi RI, Wapres akan menghadiri semua sesi pertemuan penting dalam KTT tersebut.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu RI, Sidharto R. Suryodipuro, dalam konferensi pers di Jakarta pada Jumat (4/10), menjelaskan bahwa Wapres Ma’ruf Amin akan terlibat aktif dalam sesi plenary ASEAN dan pertemuan interface dengan berbagai kelompok penting, termasuk parlemen melalui AIPA (ASEAN Inter-Parliamentary Assembly), dunia usaha lewat ASEAN Business Advisory Council, serta perwakilan pemuda.

“Wakil Presiden RI akan menjadi ketua delegasi Indonesia dan akan hadir di semua pertemuan, baik sesi plenary ASEAN maupun pertemuan interface ASEAN,” ujar Sidharto.

Sidharto juga menyebutkan bahwa pesan utama yang akan dibawa Ma’ruf Amin dalam KTT ASEAN ini terkait pencapaian dan tindak lanjut hasil-hasil dari kepemimpinan Indonesia di ASEAN tahun sebelumnya.

 

BACA JUGA:Jelang KTT, Kim Jong-un dan Vladimir Putin Bertemu di Bandar Antariksa Rusia

BACA JUGA:KTT ASEAN ke-43 Gunakan Pasokan Listrik PLTGU Demi Kurangi Polusi di Jakarta

 

Wakil Presiden akan menekankan pentingnya meningkatkan kapasitas ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dan stabilitas dunia, serta menguatkan kelembagaan ASEAN untuk menjaga stabilitas kawasan.

Selain itu, isu Palestina akan menjadi salah satu prioritas yang akan disampaikan Wapres Ma’ruf Amin dalam KTT. Menurut Sidharto, perlindungan warga sipil dan penghormatan atas norma serta hukum internasional yang harus dipatuhi negara-negara ASEAN menjadi poin penting yang diangkat oleh Indonesia.

Lebih lanjut, Sidharto menjelaskan bahwa kehadiran Wakil Presiden Ma’ruf Amin dalam rangkaian KTT ASEAN kali ini merupakan bagian dari dinamika transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo ke Presiden terpilih Prabowo Subianto. Meski biasanya Kepala Negara yang menjadi Ketua Delegasi nasional, Sidharto memastikan bahwa transisi ini tidak mengurangi pentingnya posisi dan peran Indonesia dalam ASEAN.

 

BACA JUGA:Jokowi Akan Membahas TPPO di KTT ASEAN KE-42

BACA JUGA:Presiden Jokowi Beberkan Hasil KTT Ke-42 ASEAN di Labuan Bajo

 

Sumber: beranda antara