5 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Miom

5 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Miom

5 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Miom--Pixabay

RADAR JABAR- Miom, atau dikenal juga sebagai fibroid rahim, adalah tumor jinak yang tumbuh di dinding rahim. Meskipun miom tidak selalu menimbulkan gejala, pada beberapa wanita, kondisi ini dapat menyebabkan nyeri, perdarahan berlebih saat menstruasi, atau bahkan masalah kesuburan.

Faktor genetik, hormon, dan gaya hidup memainkan peran dalam perkembangan miom. Salah satu cara untuk mengurangi risiko terkena miom adalah melalui pola makan yang sehat.

Berikut lima jenis makanan yang dipercaya bisa membantu mencegah miom yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, simak ulasannya!

 

5 Makanan yang Dapat Membantu Mencegah Miom

 

 

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, brokoli, dan sawi kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan rahim.

Mereka mengandung banyak serat, antioksidan, dan fitonutrien yang membantu melawan radikal bebas, yang dapat merusak sel-sel tubuh. Selain itu, sayuran hijau rendah kalori dan dapat membantu menjaga berat badan ideal.

Kelebihan berat badan atau obesitas adalah salah satu faktor risiko berkembangnya miom, karena jaringan lemak dapat memicu peningkatan produksi estrogen yang berlebihan, yang dapat memicu pertumbuhan miom.

Dengan mengonsumsi sayuran hijau secara rutin, tubuhmu akan mendapatkan nutrisi yang membantu menstabilkan kadar hormon.

 

2. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar seperti jeruk, apel, berry, dan anggur kaya akan vitamin C, serat, dan antioksidan. Vitamin C membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menjaga jaringan tubuh tetap sehat. Antioksidan dalam buah-buahan juga berperan penting dalam melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif yang bisa memicu pembentukan miom.

Selain itu, buah yang tinggi kandungan air seperti semangka dan melon juga membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi, yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan rahim.

Pola makan yang kaya buah-buahan juga membantu menjaga keseimbangan hormon dengan mengatur kadar estrogen dalam tubuh.

 

BACA JUGA:Penyebab Tumbuhnya Miom Pada Tubuh, Kenali Ciri-Cirinya!

 

3. Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan tuna merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. Omega-3 adalah lemak sehat yang memiliki sifat anti-inflamasi, membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mendukung keseimbangan hormon.

Penelitian menunjukkan bahwa lemak sehat ini dapat membantu mengurangi risiko terbentuknya miom. Selain itu, asam lemak omega-3 juga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan sistem saraf.

Mengonsumsi ikan berlemak secara teratur bisa membantu menjaga keseimbangan hormon dan mencegah miom berkembang lebih lanjut.

 

4. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, quinoa, oatmeal, dan gandum utuh kaya akan serat, vitamin B, dan mineral seperti magnesium dan selenium.

Serat membantu melancarkan pencernaan dan membuang kelebihan estrogen dari tubuh, yang jika berlebihan dapat memicu pertumbuhan miom.

Biji-bijian utuh juga membantu menstabilkan kadar gula darah, sehingga hormon insulin tetap seimbang.

Insulin yang stabil sangat penting untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk hormon estrogen dan progesteron, yang berperan dalam pembentukan miom.

Dengan mengganti karbohidrat olahan seperti nasi putih atau roti putih dengan biji-bijian utuh, kamu dapat membantu tubuh mencegah miom.

 

5. Kacang-kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan seperti almond, kacang kenari, serta biji-bijian seperti biji rami dan biji chia mengandung lemak sehat, protein, serta serat yang bermanfaat untuk kesehatan hormon.

Biji rami, misalnya, kaya akan lignan, senyawa yang dapat membantu mengatur kadar estrogen dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian secara rutin, tubuhmu akan mendapatkan asupan nutrisi yang mendukung kesehatan rahim dan keseimbangan hormon.

Makanan ini juga membantu menurunkan peradangan dalam tubuh, yang merupakan salah satu pemicu tumbuhnya miom.

 

BACA JUGA:7 Manfaat Konsumsi Labu Siam Rebus untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Bisa Mencegah Kanker

 

Mencegah miom tidak hanya soal menjaga pola makan, tetapi juga menjaga gaya hidup sehat secara keseluruhan. Mengonsumsi makanan yang kaya serat, antioksidan, dan lemak sehat dapat membantu menjaga keseimbangan hormon, mengurangi peradangan, serta menurunkan risiko terkena miom.

Sumber: